The waterfalls in the jungle

On my way back to Medan after visiting Tomok, I decided to stop and spent a night in a relatively new resort in Sidikalang, North Sumatera. The resort is on a hill known as Merek Hill.

I don’t want to tell you about the resort, but about the activity I did at that time instead; especially the jungle trekking.

Jungle? Yes, there is jungle on Merek Hill, and there are also animals in the jungle. Mostly are monkeys and gibbons, there are also bears, civets, wild cats, porcupines, an many others.

Travelers can start the trekking from within the resort’s area. That was a short trekking for just about 3 hours with a relatively easy trek. Usually travelers will be accompanied by a ranger who show the way to the waterfalls in the jungle as well as explaining about any interesting things that may be found on the track, such as many kind of orchids, and also how to distinguish between poisonous mushrooms and edible mushrooms.

The waterfalls themselves are only about 10 to 15 meters high. There are two waterfalls side by side. So far there is no name has been given to the waterfalls, people just call them the twin waterfalls.

 

Ringkasan:

Dalam perjalanan kembali ke Medan dari Tomok, aku memutuskan untuk mampir menginap di sebuah resort yang relatif masih baru, yang terletak di sebuah bukit di daerah Sidikalang. Nama bukit itu adalah Bukit Merek.

Selama menginap di situ, aku dan keluarga melakukan jungle trekking di hutan yang berada di Bukit Merek. Katanya sih ini merupakan hutan lindung, jadi harus dijaga kelestariannya. Di dalam hutan itu masih banyak binatangnya juga lho. Memang yang banyak monyet dan siamang, tapi katanya ada juga beruang, musang, kucing liar, landak, dan lain-lain.

Trekking-nya sendiri sih relatif tidak berat. Tujuannya adalah ke air terjun yang ada di tengah hutan. Bolak-balik biasanya ditempuh dalam waktu sekitar 3 jam. Biasanya juga kita akan ditemani oleh seorang ranger yang selain bertugas menunjukkan jalan, juga sedikit banyak bercerita mengenai hutan dan isinya, misal saja waktu itu aku dan keluarga sempat diajari untuk membedakan mana jamur beracun dan mana jamur yang aman dimakan.

Mengenai air terjunnya, sebetulnya bukan merupakan air terjun yang tinggi. Aku taksir tingginya paling antara 10 – 15 meter. Karena di situ ada dua air terjun yang letaknya sebelah menyebelah, orang dengan mudah menamakannya Air Terjun Kembar.

Categories: Travel Pictures | Tags: , , | 73 Comments

Post navigation

73 thoughts on “The waterfalls in the jungle

  1. The waterfall looks like a lady scarf to me! Great, this time no more King Kong show!
    Thanks for the sharing!🙂

  2. Beautiful Waterfalls, Chris. Nicely photographed too.🙂

  3. Medan trackingnya gak berat ya mas? Pengen nyoba nih

    • Gak berat koq Mbak. Masuk kategori fun trekking rasanya. Cuma kalau pas hujan agak licin saja, maklum tanah hutan.

      • Emmmm mas, nginep di simalem mahal gak? Aku pengen nyoba nih

      • Kalau ngelihat publish ratenya sih memang agak mahal, tapi kebetulan waktu itu aku bisa dapat special rate 🙂. Meskipun demikian, kalau lihat fasilitas dan juga aktivitas yang bisa kita lakukan sih ok juga lah.

  4. It’s so beautiful! I remember jungle waterfalls from Thailand. This time in Sri Lanka there were nice waterfalls, but definitely not in the jungle. But I think Indonesia is my next destination🙂

    • Hi Ewa, Indonesia has so many waterfalls, even many of them haven’t been known to public. Only local people, trekker and few people who like to do activities in the wild know about their existence. If you like waterfalls, then I think you will enjoy visiting Indonesia 🙂

  5. I would love to be able to just sit there and take it all in…beautiful!

  6. Adem sekali suasananya ya mas. Tapi kok kayaknya sepi gitu ya..

    • Suasananya memang sepi, Mas. Belum terlalu banyak orang yang tahu keberadaan air terjun ini, dan dari yang sedikit itu, lebih sedikit lagi yang suka kluyuran ke situ.

  7. Aduh kebayang deh… Habis trekking, nanjak, kterus ketemu air.. Wah segarnya pasti bukan main

    • Betul, makanya waktu itu juga beberapa orang langsung ambil airnya untuk diminum, karena memang airnya jernih dan segar banget 🙂

  8. Haaaaaa! Tobat massssss! Saya sudah tak kuat lagi melihat postinganmuhh! Tak kuattt! Mau nyebur sama gadis-gadis di air terjuuunnn!

  9. so beautiful waterfall mas😀

  10. Keren, bapak sudah bisa buat buku nih tentang wisata di Indonesia. Tulisannya lengkap dan detail masih dilengkapi foto-foto yang indah. ternyata pwisata Indoneisa sangat Luaaaaarr Biasaaaaa potensinya.

  11. 3 jam PP kalau ditempuh rame rame sptnya nggak terasa ya mas😛

  12. pemandangan yang luar biasa ….suatu fresing yg baik untuk kesegaran otak tuh bang😀

  13. Tempatnya asyik banget pastinya ya. Airnya jernih banget. Tapi sayang dipostingan ini saya kok tidak menikmati foto2 pak Chris seperti biasanya ya😦

    • Lho kenapa ya Mbak? Ada yang kurangkah? Monggo lho kalau ada masukan, supaya bisa aku perbaki juga. Terimakasih sebelumnya.

      • Hmmm, fotonya tak seindah biasanya pak. Atau mungkin karena pak Chris menampilkan foto yang berupa potongan2 ya pak. Oya, saya termasuk penikmat foto pak chris, tulisan kadang terkalahkan oleh foto indah milik pak chris🙂

      • Wah . . . koq bisa ya? Anyway, fotonya bukan potong-potongan koq, Mbak.
        Ok, mudah-mudahan di postingan berikutnya nanti kekecewaan Mbak Ika bisa terobati.
        Terimakasih Mbak Ika sudah suka sama foto-foto yang aku pasang di blog-ku 🙂

  14. Banyak yah tempat indah di indo…

  15. Beautifully captured Chris! Lovely! Blessings, Robyn

  16. oh!! wow !! wonderful

  17. Lovely place!

  18. Wa..benar-benar airterjun yang indah. Ingin sekali pergi ke sana suatu hari nanti.
    Salam kenal.

  19. Have to be amazing in that jungle, great photos !

  20. Beautiful waterfalls! Thanks for sharing your gorgeous photo’s. Sometimes as I sit here drinking coffee and looking at all the new posts I fall in love. I fall in love with all the other places people photograph and say aww I want to go there too. ha ha… I’d love to see those waterfalls myself.

    • Yes, I often do the same like you do Maria, doing virtual tours to other places around the world via other people posts while wishing to go there and see the places with my own eyes 🙂

  21. tuh kan. ngiri.com lagi deh saya…
    jadi pengen ke air terjun lagi….

    • Ayo bareng-bareng ke air terjun . . .

      • tapi kayaknya gak kuat nih kalau ikutan mas Christ. ke curug nangka aja dah ngos2an parah. hihihi.
        tapi emang sih. capenya ilang gitu sampe di curug. jepret2. udara adem.

      • Lho aku juga jalan santai koq, kalau jalan cepet juga gak kuat Mas, maklum onderdil tua 😀

  22. Ada bidadari lagi mandi, lengkaplah sudah.

  23. gorgeous waterfalls!🙂

  24. tempatnya masih begitu alami …😀

  25. petit4chocolatier

    Love the twin waterfalls! Something so captivating about them. All the pictures are brilliant🙂

  26. Beautiful… All the best!

  27. Nice sharing mas… Alam Indonesia memang luar biasa indahnya…😀

  28. Oh, a Garden of Eden, beautiful, thank you🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: