One cloudy sunrise

Balikpapan, one of East Kalimantan Provinceโ€™s main cities; and at that very morning the city was still quite empty. The people of Balikpapan were still fast asleep since the weather was quite cool as a result of a downpour the night before. At that time, I was already in the car I rented, drove along the wet city road heading to the east in order to catch the sunrise. In my previous discussion with Pak Anto, who accompanied me on my trip in and around the city, we decided to go to Manggar Segara Sari Beach.

The beach was located in Manggar Village, about 22 kilometres from the city to the east. The road was quite good, and since then, I miscalculated the time. I came too early at the beach. The beach was still empty and dark, even the ticket attendance was not arrived yet, so I could go directly to the beach for free๐Ÿ˜›

IMG_MSS01

Manggar Segara Sari Beach was a sandy beach. There were row of pine trees at the beach which made the weather not too hot at day time. There were also some stalls selling simple food and refreshments. That morning, when I prepared my camera to capture sunrise moments, I saw some people prepared floats to be rented. The wave at the beach area was quite tame, so it was quite safe for people to swim in the sea. Some people looked at the condition as a business opportunity, so they rented floats for travellers who wanted to swim in there๐Ÿ™‚

IMG_MSS03

From the information I got, the beach was become the most favorite destination for locals and also for people from the neighboring city of Samarinda to spend their leisure time. That was why on week-ends and holidays the beach area was very crowded.

I was not there in such days, and also I came very early in the morning, so what I met was an empty beach. But I was not lucky enough; dark clouds were still hanging low. All of a sudden, drizzles came and made me ran for shelter. Fortunately, closing to the sunrise time, the drizzle stop although dark clouds still seemed quite heavy, especially in the east. The moments the sun rose from beyond the horizon could not be captured๐Ÿ˜ฆ

IMG_MSS06

IMG_MSS08

After a second thought, however, I decided to snap at the direction of the sun even though the sun was still hiding behind some clouds; and here I shared to you some of the pictures I captured at that time. —

IMG_MSS09

IMG_MSS10

IMG_MSS11

IMG_MSS12

IMG_MSS14

Keterangan :

Balikpapan meskipun bukan ibukota propinsi, tetapi tetaplah merupakan salah satu kota besar di Propinsi Kalimantan Timur. Dan pagi itu Balikpapan masih terlelap di tengah kesejukan udara subuh sebagai akibat hujan deras yang turun malamnya. Aku sendiri sih sudah di jalan bersama Pak Anto yang menemaniku selama perjalananku di Kalimantan Timur kali ini. Kendaraan yang aku tumpangi bergerak lancar di atas aspal yang basah, apalagi pagi itu lalu lintas juga boleh dibilang sepi sekali. Seperti biasa aku berencana memburu saat-saat terbitnya sang matahari, dan pagi itu yang aku pilih adalah Pantai Manggar Segara Sari.

Pantai ini terletak di Kelurahan Manggar, kira-kira 22 kilometer di sebelah timur kota. Jalan menuju ke sana boleh dibilang cukup baik, sehingga tidak sampai setengah jam sejak aku berangkat dari hotelku yang terletak di tengah kota, aku sudah memasuki kawasan pantai. Pagi itu, boleh dibilang aku agak kepagian sih tiba di lokasi, meskipun memang lebih baik kepagian daripada kesiangan. Bahkan karena kepagian, kawasan pantai masih sepi dan gelap. Petugas penjual ticket juga belum datang, sehingga aku bebas melenggang masuk ke kawasan pantai tanpa membayar๐Ÿ˜›

IMG_MSS02

Pantai Manggar Segara Sari memiliki bentangan pasir pantai yang lumayan luas. Ombaknya juga tidak ganas, sehingga aman bagi orang yang mau bermain air atau berenang di situ. Banyaknya orang yang ingin berenang di pantai itu dilihat sebagai peluang bisnis bagi beberapa orang yang cukup jeli. Mereka membuka usaha menyewakan pelampung. Pagi itu, ketika aku sedang mempersiapkan kameraku, aku melihat beberapa orang juga sudah sibuk menyiapkan berbagai bentuk pelampung untuk disewakan di lapak-lapak mereka yang terletak di bawah deretan pohon yang ada di sepanjang pantai.

IMG_MSS04

Dan ngomong-ngomong soal fasilitas, pantai ini sudah lumayan lengkap lho fasilitas publiknya. Selain lapangan parkir dan musholla, warung-warung yang menjajakan makanan dan minuman sudah tersedia di sana. Toilet dan kamar mandi untuk berbilas sehabis bermain air laut juga ada. Bahkan sarana olah raga airpun tersedia di sana.

Berdasarkan informasi yang aku dapatkan, pantai ini merupakan salah satu tujuan penduduk Balikpapan yang ingin bersantai di akhir pekan ataupun di hari-hari libur. Bahkan penduduk Samarinda juga banyak yang meluangkan waktu untuk berwisata di sana. Maka itu, janganlah heran kalau di akhir pekan atau di hari-hari libur pantai tersebut penuh orang.

IMG_MSS05

Untungnya aku ke sana bukan pada hari libur ataupun pada akhir pekan, selain itu aku datang pada saat pagi buta, sehingga suasana pantai masih sepi. Sayangnya keberuntunganku tidak berumur lama karena gerimis yang tiba-tiba turun dan meyebabkan aku terbirit-birit mencari tempat berteduh yang untungnya cukup banyak terdapat di pantai itu. Dan ketika gerimis mereda, langit di ufuk timur sudah memerah, tetapi cakrawala masih tertutup gumpalan awan hitam. Yah . . . gagal deh niat untuk menyaksikan munculnya sang bola raksasa dari balik kaki langit๐Ÿ˜ฆ

IMG_MSS07

Trus aku pulang? Jawabannya adalah tidak. Seperti biasa aku cukup bandel untuk tetap bertahan dan tetap berusaha menangkap apa yang tersaji apapun keadaannya. Dan foto-foto yang aku sajikan bersama postingan kali ini adalah hasil kebandelanku di pagi yang berawan itu๐Ÿ˜› .–

IMG_MSS13

IMG_MSS15

Categories: Travel Pictures | Tags: , , , , , | 26 Comments

Post navigation

26 thoughts on “One cloudy sunrise

  1. isabellaesthermariarose

    Beautiful series of photos, as always, Chris. Well captured.

  2. Barusan buka jejaring sosial punya teman asal Balikpapan, Pak Chris posting tulisan yang senada.

    Suka gambar paling atas. Ketenangannya itu juara sekali ya kan, Pak?๐Ÿ™‚

    • Iya, mungkin karena masih subuh makanya masih tenang, dan itu juga sebabnya aku lebih suka berkunjung ke suatu tempat pada saat subuh sehingga bisa menikmati ketenangan suasana di tempat tersebut

      • Ih, sama pak. Aku juga. Suka sekali ketenangan-ketenangan yang terasa berbeda, kita ga pernah dapat di tempat lain. Kalau naik gunung, juga paling suka saat nungguin matahari terbit.

      • Tosss….sama kita kalau gitu ๐Ÿ™‚

  3. Asik banget ya kalo bisa dapat momen bagus pas gak ramai.
    Balikpapan ini dulu cuma sempat mampir satu malam karena ad maskapai yang reschedule, dan entah kenapa ud langsung suka sama kota ini.

    • Yup, kalau ramai memang bawaannya juga udah nggak mood motret lagi sih Qied.
      Dan iya, Balikpapan cukup nyaman sih ๐Ÿ™‚

  4. Bagus juga ya pantai di Balikpapan ini. Baru tau.

  5. always exceptional, great photos, beautiful

  6. dramatis ya mas penampakan sunset dibalik awan begini ๐Ÿ‘๐Ÿผ๐ŸŒ…๐ŸŒ…

    salam
    /kayka

  7. Beautiful pictures. You were right on time with your camera. Thanks for sharing. Thanks for following my blog recently. Hope you will come again.๐Ÿ™‚

  8. Hasilnya pasti bagus dech kalau pak Chris yang ambil. Beneran yach pak kalau habis hujan itu langitnya keren walaupun awannya tebal.

    • Ah ini cuma kebetulan aja koq, Lin.
      Dan memang bener koq kalau habis hujan, sunrise dan sunsetnya pasti keren abis ๐Ÿ™‚

  9. pagi hari … di tepi pantai … melihat matahari terbit … oh indanya …
    momen yang sangat mengasikkan

  10. Terima kasih atas kegigihan Pak Krish bertahan di gerimis subuh. Kami bisa ikut menikmati kecantikan Pantai Manggar Segara Sari. Tidak ada hubungan dengan manggar bunga kelapa ya Pak, hehe…

    • Iya Bu, nggak kepikir kalau nama manggar itu berarti bunga kelapa di Jawa ๐Ÿ˜€
      Aku malah waktu itu mikirnya koq namanya bisa sama seperti nama pantai di Belitung

      • Iya ya, Manggar Belitung bagian dari Laskar Pelangi. Selamat berakhir pekan bersama keluarga, Pak. Salam

      • Terimakasih, Bu. Ucapan yang sama aku haturkan buat Bu Prih sekeluarga meskipun sekarang sudah hari Minggu malam ๐Ÿ™‚

  11. Awesome and beautiful capture, soothing to eyes!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: