Morning has broken

IMG_WDL01 IMG_WDL02 IMG_WDL03 IMG_WDL04

The pictures were taken at a place called Watu Dodol Beach. It was located by the Situbondo – Banyuwangi highway, East Java, Indonesia. The beach was also assumed as the main gate to Banyuwangi Regency from the neighbouring Situbondo Regency, and for that there was a statue of a girl performing a traditional Banyuwangi Dance called Gandrung Banyuwangi welcoming all travelers who came to Banyuwangi from that direction. The beach was also a perfect place for some fishing hobbyist, especially in the morning.

The beach was only about 14 kilometres from Banyuwangi and about 5 kilometres from Banyuwangi main port, Ketapang. From Watu Dodol Beach, travelers could also see Bali, as the place was facing the Bali Strait.

And as it facing to the east, Watu Dodol was also being a perfect place to watch the sun rises.

IMG_WDL14

To reach the beach was not a big issue, as there were public transports that passing the place in their way to or from Situbondo.

Actually, there were many other interesting objects in the location, a very big rock in the middle of the road that inspires the name of the beach, for instance. There was also a fresh water spring at the beach to name another. Unfortunately, I did not have enough information before I visited the place as it was not in my original itinerary, so I did not explore the area well except taking sunrise pictures😦 .β€”

IMG_WDL15

 

Keterangan :

Foto-foto kali ini aku ambil di suatu tempat yang dikenal dengan nama Pantai Watu Dodol. Pantai ini terletak di tepi jalur Pantura yang menghubungkan Banyuwangi dengan Situbondo, Jawa Timur. Tempat ini juga dianggap sebagai pintu gerbang untuk masuk Kabupaten Banyuwangi jika pelancong datang dari arah Situbondo. Sebagai pertanda, di tempat itu telah didirikan sebuah patung yang menggambarkan seorang gadis sedang menarikan Tari Gandrung Banyuwangi yang merupakan tarian khas Banyuwangi untuk menyambut kedatangan para pelancong ke Kabupaten Banyuwangi. Selain sebagai pintu masuk ke Kabupaten Banyuwangi, pantai Watu Dodol juga merupakan tempat wisata bagi masyarakat sekaligus juga tempat memancing bagi para penghobi mancing seperti yang banyak aku temui pagi itu.

IMG_WDL08

Pantai Watu Dodol terletak tidak jauh dari Banyuwangi; dari pusat kota jaraknya hanya sekitar 15 kilometer. Lokasi pantai ini juga berdekatan dengan Pelabuhan Ketapang yang menjadi tempat penyeberangan dari Jawa ke Bali dan sebaliknya. Watu Dodol hanya berjarak kurang lebih 5 kilometer dari Pelabuhan Ketapang. Karena itu, lalu lintas ferry yang menjadi moda utama penyeberangan ke Bali bisa dilihat juga dari Watu Dodol ini, bahkan jika cuaca cerah, Pulau Bali pun kelihatan dengan jelas dari tempat ini.

Pantai Watu Dodol juga merupakan tempat yang tepat untuk β€œberburu” matahari terbit karena pantainya menghadap ke timur, ke arah Selat Bali.

Dan karena posisinya yang berada di jalur utama Banyuwangi – Situbondo, apalagi karena jaraknya yang juga relatif dekat, tidaklah sulit untuk datang ke Pantai Watu Dodol. Banyak kendaraan umum yang melewati tempat ini. Aku dengar, ojek motor juga ada yang mau mengantar pelancong ke tempat ini dari Banyuwangi.

IMG_WDL10

Sebetulnya, selain pantai dengan bayangan Pulau Bali di kejauhan, masih banyak obyek menarik lain di sekitar situ. Sebuah batu besar di tengah jalan yang menginspirasi nama pantai ini, misalnya. Apalagi kisah yang melatarbelakanginya juga cukup menarik. Kemudian ada juga sumber air tawar yang berada persis di tepi pantai, belum lagi adanya makam kuno di puncak bukit dan juga gua pertahanan yang dulu dibuat balatentara Jepang di jaman Perang Dunia Kedua. Sayangnya sebelum aku ke sana, aku tidak menggali informasi lebih dalam mengenai tempat tersebut, sehingga aku tidak mengetahui adanya obyek-obyek menarik lainnya itu. Batu besarnya sendiri sebetulnya sempat aku lihat karena memang posisinya di tengah jalan, tetapi karena waktu itu aku tidak tahu kisahnya, aku melewatkannya begitu saja. Yah . . maklumlah karena tempat ini memang sebetulnya tidak masuk dalam daftar tempat yang rencananya aku kunjungi saat itu. Jadi . . ya waktu itu aku cuma mengambil momen matahari terbit saja. Sayang ya . . . 😦

IMG_WDL09

Categories: Travel Pictures | Tags: , , , , , | 34 Comments

Post navigation

34 thoughts on “Morning has broken

  1. love the pics. do keep a watch out for my travel experiences . http://www.travelwithmukul.wordpress.com and http://www.enchantedforests.wordpress.com

  2. I love sunset and sunrise photography… There is so many different aspects to it… Yours are stunning btw

  3. bulet bgt mataharinya Mas

  4. pas banget judulnya mas, jd inget lagunya cat stevensπŸ™‚

    btw kejadian juga disaya tuh mas gak pake baca-baca dulu, eh pas balik nyesel deh ada yang terlewat begitu saja padahal udah dideket-deket sana

    salam
    /jayka

    • Iya Mbak, memang judulnya minjem sama Oom Cat Stevens πŸ˜›

      Nah ya itu, aku juga nyesel ketika tahu di situ ternyata ada obyek-obyek lain yang juga menarik yang nggak aku kunjungi karena kurang informasi

  5. Fajar merekah di Watu Dodol, amboi cantiknya.
    Wah hampir terkecoh dengan keberanian plus kenekadan pria berbeskap yang memancing di gelora ombak, loh Pak.
    Ada hikayat Watu Dodolnya ya Pak Krish.
    Salam

    • Loh koq hampir terkecoh? Memangnya kenapa, Bu?
      Soal Watu Dodol-nya, iya Bu ada hikayatnya. Malah ada beberapa versi yang berhasil aku dapatkan

      • Kirain yang pria berbeskap beneran orang mancing, setelah dicermati nampaknya ‘patung’, itu yang melatar belakangi pikiran hampir terkecoh (eh benerankah, cmiiw)
        Salam

      • Kalau yang di atas batu di foto yang tengah memang seorang pemancing, Bu

  6. Gorgeous sunrise captures, Chris! Loved seeing the statue too.πŸ™‚

  7. Aku baca ini sambil nyanyi lagunya, hihi…. beautiful pictures..?

  8. Warna sunrisenya cantik sekali Chris, pantainya kelihatan tenang ya ga ada ombak.

  9. Jadi penasarn dgn bentuk batu dodolnya mas, btw, mataharinya kayak di desa sini mas

    • Batunya sebetulnya biasa aja, Mbak. Cuma memang gede banget. Sayang waktu itu aku nggak tertarik buat motret batunya

  10. sunrisenya dapat bgt yah pak chris,

  11. RMW

    No better way to start the day than watching the sun come up.

  12. berarti kalau motret dari cupel…susetnya pasti di pantai ini Om yach hihihih…apa kabar OM

    • Rasanya begitu tuh Bli, pantai ini atau Pelabuhan Ketapang yang kelihatan

      Kabar baik Bli, sebaliknya apa kabar? πŸ™‚

  13. salah satu momen yang paling indah di pantai, saat matahari terbit … apalagi di pantai seindah ini … tambah polll

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: