The animals in the (display) windows

What kind of animals were there in the windows? Ah . . I know then, they must be small animals; most likely pets😎

Well . . . you’re wrong, Buddy. Look at the picture below.

IMG_MSA01

Yes, they were not only small animals. Big animals were also being seen in the windows. And yes, they were not alive. They were all stuffed animals. From the information I’ve got, the animals which they used in making the diorama in the windows were not hunted animals. They used carcasses from many zoos all over the world, instead. With such good materials and in the hands of world known taxidermists, the carcasses were arranged to look like life animals in action. After that, it was the designers turn to make dioramas depicting the animals’ habitats.

All those great dioramas could be seen in a place called Museum Satwa (Animals Museum) located in Batu, a small city neighboring Malang in East Java. The collection of the museum ranging from stuffed animals in dioramas, fossilized animals, some replicas of dinosaurs’ bones and also mounted insects in insectarium.

The museum itself was inside a huge building that looked like Pantheon with its huge pillars. Side by side of the museum building laid two huge elephant statues. Once travellers entering the building, travellers would find a hall with a raised platform in the centre of the hall; and on the raised platform four huge replicas of full skeleton of dinosaurs stand majestically. They were Tyrannosaurs Rex, Apatosaurus, Stegosaurus, and Triceratops. On the walls surrounding the platforms, some dioramas could be enjoyed.

From the hall, travellers should turn left and started to explore the museum collections. Don’t worry, travellers wouldn’t lost in the museum as well as wouldn’t miss any single collections as long as they follow the path.
Not like any museum that looked dull and boring, exploring the Animal Museum in Batu would be an interesting adventure for both adult and children. No wonder in holiday time the museum always packed with visitors although the admission ticket could not be considered cheap.—

IMG_MSA18

IMG_MSA24

 

Keterangan :

Itu judulnya gak salah? Binatang dalam etalase?
Hhhmmm . . . kalau dilihat dari foto-foto yang ada di postingan ini, kelihatan sih kalau memang bener-bener ada binatang, bahkan binatang yang cukup gede, di dalam lemari pajang. Kalau sudah begitu, apalagi dengan penataan yang apik dan profesional seperti itu, pasti itu merupakan koleksi museum. Ya kan, Bro? 😎

Ya . . . memang betul, kali ini aku mau ngomongin soal sebuah museum yang terletak di kota Batu, sebuah kota wisata yang letaknya berdekatan atau malah bisa dibilang tersambung dengan kota Malang, Jawa Timur. Museum tersebut bernama Museum Satwa, dan koleksi museum tersebut boleh dibilang cukup lengkap karena meliputi berbagai diorama yang menampilkan aneka jenis binatang, baik binatang yang hidup di darat maupun makhluk-makhluk lautan. Beberapa fosil hewan pun ikut dipamerkan di situ. Ada pula kerangka hewan-hewan raksasa, ada yang asli juga lho meskipun sebagian besar berupa replika. Museum ini juga memiliki koleksi serangga yang telah diawetkan yang disajikan dalam insektarium.

Bangunan museumnya sendiri dari luar tampak megah dengan bentuk bangunan bergaya Yunani. Di samping kiri dan kanannya terdapat patung gajah raksasa. Jika pelancong memasuki gedung museum tersebut, begitu melewati pintu utama, pelancong akan tiba di sebuah aula, ditengahnya terdapat sebuah struktur mirip panggung yang diatasnya terpajang replika kerangka lengkap empat dinosaurus yang terdiri dari kerangka T-Rex, Apatosaurus, Stegosaurus dan Triceratops. Replika-replika tersebut dibuat dengan sangat halus sehingga menyerupai aslinya. Sementara itu, di dinding di sekeliling keempat kerangka dinosaurus itu terdapat beberapa panel diorama berisi beberapa jenis binatang di lingkungan hidupnya masing-masing.

IMG_MSA10

Dari aula tersebut, pengunjung akan diarahkan untuk berbelok ke kiri dimana terdapat lebih banyak lagi diorama dan banyak jenis koleksi museum lainnya. Jangan khawatir tersesat, karena lorong-lorong dalam museum tersebut telah dirancang sedemikian rupa sehingga pengunjung tidak akan tersesat, pun tidak akan melewatkan satupun koleksi museum yang dipamerkan di sana.

IMG_MSA20

Dan, tidak seperti museum-museum pada umumnya yang terkesan tua dan membosankan, Museum Satwa terkesan sangat modern. Bahkan menelusuri lorong-lorong dalam museum pastinya akan menjadi kegiatan yang mengasyikan bagi orang dewasa maupun anak-anak. Makanya, tidaklah heran kalau museum ini bisa dipastikan selalu dipadati pengunjung pada hari-hari libur meskipun harga tiket masuknya gak bisa dibilang murah juga.–

Categories: Travel Pictures | Tags: , , , , | 36 Comments

Post navigation

36 thoughts on “The animals in the (display) windows

  1. Museum ini memang kaya sumber ya Mas Krish…Cantik lagi. Bikin betah berlama-lama di dalam …

  2. Beberapa bulan lalu ke sini dan keren2 emang koleksinya. Gak ngebosenin😀

  3. Waaah aku juga numpang lewat pas jalan jalan ke batu malang ternyata dalamnya kece waaah next time lah kesana lagi sekalian mau ke musium angkut.

  4. Baguuus, saya belum pernah ke Batu oom kris. Sekarang tambah pengin ke sana gara2 postingan ini😀

  5. Fantastic animals. Chris. Your camera captured them so well.:)

  6. harumhutan

    om itu bangunan musiumnya?
    wow….bener megah om,ga kaya musium,mirip bangunan istana🙂

    bagus ya,work it ya om,indonesia punya musium yang bagus sekarang dan malang banyak tempat wisata bagus sekarang,malang makin pesat bergeliat dg hiburannya🙂

    • Iya Wiend, itu bangunan museumnya. Memang megah dan dalamnya juga gak membosankan seperti museum pada umumnya, makanya pengunjungnya juga selalu ramai

      Dan Malang, atau tepatnya Batu beruntung memiliki berbagai tempat liburan dan hiburan baru yang menarik

  7. Dunia satwa tak pernah kering inspirasi ya Pak, dan museum satwa Batu mengemasnya dengan apik. Semoga suatu saat ikutan menikmati wisata Batu ini. Salam

    • Betul Bu. Dari tiga museum sejenis yang pernah aku kunjungi, menurut aku pribadi, ini yang paling bagus dan tertata rapi.
      Mudah-mudahan tidak lama lagi Bu Prih sudah sampai sana juga ya Bu

  8. ƸӜƷ ¸.•°*”˜ ƸӜƷ ˜”*°•. ✫ ღ¸☆ ¸.•°*”˜ ƸӜƷ ˜”*°•✫ ✿ ƸӜƷ ✿¸.•°*”˜ƸӜƷ˜
    Bunatatea este infinita pentru aceia pe care noi ii consideram prieteni… Exista totusi prieteni care ne ofera la randul lor acceasi bunatate si aceia sunt adevaratii PRIETENI! O zi binecuvantata!

    Kindness is infinite for those whom we consider friends … However, there are friends who in turn gives us confort kindness and those are real friends!
    A blessed day!

  9. dioramanya cantik.., alamiah dan hidup
    bgmn cara fotonya pak, nggak ada pantulan sinar di kacanya ..?

    • Iya Mbak, memang penataannya dioramanya cukup apik.
      Untuk fotonya, kebetulan lampu di dalam diorama jauh lebih terang daripada lampu lorong di depan dioramanya. Masalahnya tinggal pantulan sinar dari diorama di seberangnya. Hal itu bisa diatasi dengan memilih angle pengambilan fotonya Mbak. Dan untuk pengambilan foto itu sendiri, jangan pergunakan lampu kilat.

  10. Bakalan betah andai aku dan suami di sana mas

  11. Penataannya apik om yach..bercerita,,pasti asyik untuk mengunjungi tempat ini

    • Sebetulnya mirip dengan yang kita kunjungi di Bogor itu Bli. Hanya memang yang ini kelihatan penataan dan pengelolaannya lebih profesional

  12. Impressive gallery of photographs, thanks for sharing All the best to you⭐; Aquileana😀

  13. This is truly an incredible work and thank you so much for sharing the images and info. Chris…

    The best part about this place is, not just the stuffed animals, but how beautifully they have presented them in their natural environment.

    A must see place when in east Java, right?

  14. Yang heboh malah anak saya nih Om ngeliat foto2 ini, hehehe ..

  15. foto2nya ciamik banget, lucu-lucu

  16. Absolutely amazing, Chris!! What a tremendous amount of thought has gone into these incredible displays. Thank you for bringing them here in words and photos. Lovely.

  17. Great post,thank your for the fantastic job.Jalal

  18. bagus-bagus koleksinya ya mas. kliatannya dari semua benua ada ya…

    salam
    /kayka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: