Beach-oak trees bordering the shoreline

Before leaving Sumenep, Madura, I thought I had to visit one of its known beaches. There were two beaches which had been known as its main tourist destinations namely Slopeng and Lombang. Slopeng was known for its sandy beach while Lombang was for its beach-oak (casuarina equisetifolia) forest on its shore. Actually the two beaches were not separately too far, but I could not visit both due to my limited time. So, after discussing with my friend who accompanied me on the trip, I decided to go to Lombang Beach. Its row of beach-oak trees that interest me, because not many beaches in Indonesia had such a forest on the shore. It was said that the origin of the trees was from China, and it came to Madura along with a Mongolian expedition in the 15th century.

Anyway, that day I leave my hotel before dawn. As Lombang was facing north, I thought I could get a perfect spot at the beach to enjoy sunrise. In my calculation, I could cover the 25 kilometers distance from Sumenep to Lombang within 40 minutes drive and came at the beach in time. At first, it seemed that all was perfect as it had planned, but right after entering the gate to the beach, rain began to shower the area. Drizzle at first but not too long it became quite hard. Oh my . . .๐Ÿ˜ฆ

IMG_LOM10

As I had already in the area, I told my friend to move forward and wait for some time in hoping that the rain would not last long. And . . . thank God, the rain turn into drizzle again while far on the sea the eastern sky looked quite bright. So I decided to run into one of the simple shelters on the beach to wait for the sunrise in there.

IMG_LOM01

And as the sun started to shine, the drizzle stop. The sky became clearer so I can observe the surrounding area more easily.

At that time, not many people were seen on the beach except some teenagers who camped in the beach area. The sand on the beach was quite clean and the waves were save enough for them who want to swim. Simple stalls that sold refreshments and local snacks were still closed. With that condition, I could enjoy the quiet atmosphere of the beach relatively undisturbed. And you know what? I got a special reward for waiting on the beach that morning; a rainbow appeared on the western sky๐Ÿ™‚

IMG_LOM09IMG_LOM15 IMG_LOM16

 

Keterangan :

Sebelum mengakhiri kunjunganku di Sumenep, rasanya aku harus juga berkunjung ke salah satu pantai yang sudah cukup dikenal sebagai destinasi wisata andalan daerah itu. Setahu aku ada dua pantai yang cukup terkenal sebagai tujuan wisata utama di Sumenep, yaitu Pantai Slopeng dan Pantai Lombang. Slopeng dikenal akan pantainya yang berpasir dan di beberapa tempat dihiasi dengan gundukan pasir, sementara Lombang dikenal akan adanya deretan pohon cemara udang (casuarina equisetifolia) di sepanjang pantainya. Sebetulnya dua pantai itu tidak terpisah terlalu jauh juga sih, tetapi karena waktu yang sangat terbatas, mau gak mau aku harus memilih salah satunya saja. Nah . . akhirnya setelah berdiskusi dengan teman yang menyertaiku dalam perjalanan ini, diputuskan bahwa Pantai Lombang-lah yang akan dikunjungi dengan pertimbangan bahwa pantai yang ditumbuhi banyak pohon cemara udang di sepanjang pantainya sangatlah jarang ditemui di Indonesia ini. Katanya sih pohon cemara udang yang ada di Lombang itu berasal dari Negeri Tirai Bambu dan bibitnya terbawa dalam ekspedisi yang dikirim Kaisar China ke Tanah Jawa pada abad ke-XV.

Dengan pertimbangan itu, subuh berikutnya aku berangkat dari hotel tempat aku menginap dengan tujuan agar bisa tiba di pantai sebelum terbitnya matahari. Maklum saja, Pantai Lombang yang menghadap ke utara sangat memungkinkan pengunjungnya untuk menikmati moment terbitnya matahari dari tepi pantai. Jarak sekitar 25 kilometer dari Sumenep ke Lombang aku perkirakan akan bisa ditempuh dalam waktu 40 menit dengan mobil sehingga aku akan tiba ketika semburat merah mulai muncul di ufuk timur. Pada awalnya, semuanya tampak sempurna. Meskipun malamnya Sumenep di guyur hujan lebat, pagi itu cuaca lumayan cerah. Angin pagi yang sejuk menerobos masuk lewat jendela mobil yang sengajaย  aku biarkan terbuka. Lebih baik menikmati udara segar daripada udara kalengan kan?๐Ÿ˜›

IMG_LOM02

Tapi apa yang terjadi ternyata tidak semulus dugaan semula, begitu tiba di gerbang pantai, pada saat membayar tiket masuk (tumben pagi-pagi tukang tiket sudah datang nih:mrgreen: ), tetes air mulai turun. Semula hanyalah gerimis tipis, tetapi tidak lama kemudian hujan cukup lebat menyiram tanpa ampun๐Ÿ˜ฆ . Ketika temanku mulai menunjukkan keraguan, aku menepuk bahunya, memintanya untuk terus saja. Tanggunglah sudah sampai di sini. Dan untungnya keputusanku lumayan tepat pagi itu, tidak lama kemudian ketika sedang mencari tempat parkir di tepi pantai, hujan lebat sudah kembali berubah menjadi gerimis tipis, sehingga setelah kendaraan selesai diparkir, aku dan temanku segera berlari menerobos gerimis menuju tempat duduk beton yang beratap yang banyak terdapat di tepi pantai itu. Dari situ tampak bahwa jauh di tengah laut, di arah timur semburat fajar tampak dengan jelas menandakan bahwa gerimis saat itu hanyalah merupakan tirai tipis yang menyiram daerah sekitar pantai. Dan betul saja, ketika matahari semakin meninggi, gerimispun berhenti, dan aku memperoleh โ€œhadiahโ€ yang sangat indah . . . di arah barat muncul lengkungan pelangi dengan warna-warninya yang gemilang๐Ÿ™‚

IMG_LOM08IMG_LOM03

Pagi itu suasana pantai relatif masih sepi. Beberapa warung yang ada di sana aku lihat masih tutup. Ya iyalah kan masih pagi juga๐Ÿ˜€ . Selain aku dan temanku, aku melihat sekelompok remaja yang rupanya sedang berkemah dan menginap di sana malam sebelumnya. Memang berkemah di Pantai Lombang (atau โ€œLombhengโ€ dengan dialek setempat), diperbolehkan asal tetap menjaga kebersihan lokasi. Dan berkemah di Pantai Lombang juga cukup nyaman karena di sana sudah pula dilengkapi dengan kamar mandi. Buat yang tidak mau berkemah, tempat terdekat untuk menginap ya di Sumenep seperti yang aku lakukan waktu itu; cuma memang kalau mau ke pantai subuh-subuh itu mau gak mau harus bawa kendaraan sendiri karena kendaraan umum belumlah beroperasi.

IMG_LOM11

Pantai Lombang merupakan pantai dengan pasir putih kecoklatan di sepanjang pantainya yang terbentang sampai jauh. Ombaknya relatif tenang seperti ombak laut utara pada umumnya sehingga aman buat mereka yang ingin bermain air di pantai. Deretan cemara udang membuat suasana di pantai tetap sejuk meskipun hari sudah beranjak siang. Buat pecinta bonsai, waktu itu aku melihat beberapa pohon cemara udang yang dibonsai, menurut orang yang aku temui ketika aku mau meninggalkan kawasan pantai itu sih katanya dijual. Sayangnya karena aku tidak berminat, aku tidak sempat menanyakan berapa harga cemara udang yang dibonsai itu. Yah . . Pantai Lombang memang layak menjadi salah satu tujuan wisata andalan Sumenep. Mudah-mudahan saja tetap terjaga kebersihan dan keindahannya.–

IMG_LOM17

Categories: Travel Pictures | Tags: , , , , | 52 Comments

Post navigation

52 thoughts on “Beach-oak trees bordering the shoreline

  1. Wow .. itu pelanginya mas, cantik sekali๐Ÿ˜›

    Sayang ya mas jika belum ada kendaraan umum yang masuk ke ke pantai Lombang

  2. You really did get some beautiful sunrise shots, Chris, and the rainbow was a real bonus.๐Ÿ˜€ Thanks for sharing.

  3. Lovely images๐Ÿ™‚

  4. What a beautiful coincidence that you had there om Chris, hehehe. I also like your last BW shot. Nice try for positioning the sun between the branches.

    • Thank you, Mas Mawi.
      Yes it was a nice coincidence to be on the beach so that I could capture the rainbow ๐Ÿ™‚

  5. Ngiri ah bisa jebret jebret kece gitu..
    wah puas dung mah udah menjelajah madura,

    • Kalau dibilang puas sih belum Mbak, wong masih belum sempat lihat karapan sapi di Madura ๐Ÿ™‚

      • Bukanya kalau karapan kalau ada event aja ya mas..

      • Setahu aku sih itu event tahunan yang rutin digelar di Madura yang puncaknya perebutan Piala Presiden nanti. Ini aku juga lagi tunggu informasi kapan mulai diselenggarakannya lagi tahun ini

  6. Pelanginya cantik banget, hujan membawa berkah.
    Sunrise dan pantainya membayar sudah perjalanan pagi-pagi selama 40 menit ya๐Ÿ™‚

  7. Mas chris, pergi ke berapa banyak pantai sih? koq banyak banget yang baru2 tau ini hehe

    • Waktu itu cuma sempat ke 6 pantai, Mbak, karena aku di Madura cuma satu malam, itupun ada setengah hari yang gak bisa ngapa-ngapain gara-gara hujan lebat

  8. Great shots, Chris!

  9. keren banget foto pantai yg ada pelanginya mas๐Ÿ™‚

    salam
    /kayka

    • Terimakasih, Mbak. Kebetulan dapat karena pagi itu pantai sempat diguyur hujan sementara di atas laut lumayan cerah

  10. Pelangi bagian dari rahmat baru di pagi hari ya Pak.
    Barisan cemara udangnya serasa prajurit siaga menjaga pantai dari abrasi

    • Betul, Bu. Pelangi menjadi hadiah kejutan yang diterima di pagi yang mendung.
      Sedangkan cemara udang selain menjaga juga mengayomi pantai sehingga udara panas tidak terlalu mengganggu pengunjungnya

  11. Bravo! Great shots and nice text.๐Ÿ™‚ Kamila

  12. Foto-fotonya keren banget… dimana persisnya sih di madura ini? jadi pengen diliat… kalo dateng kesana sunset kaya apa ya kira2?

    • Pantai Lombang ini gak terlalu jauh dari Sumenep, di ujung timur Madura. Trus kalau pas sunset, rasanya gak dapat deh kalau dari Pantai Lombang ini. Kalau mau cari sunset, bisa dari Kalianget.

      • OK, bagaimana dengan penginapan terdekat? apa cuma ada di Sumenep saja?

      • Menurut orang yang aku temui di pantai, katanya di dekat-dekat situ ada sih penginapan sederhana, tetapi terus terang aku gak sempat lihat kaya apa penginapannya. Aku sendiri nginep di Sumenep. Dengan jarak tempuh yang gak terlalu lama, aku rasa pilihan menginap di Sumenep ok koq. Apalagi harganya juga relatif murah.

      • Ok, trims…. nanti aku tanya-tanya lagi ya kalo dah deket-deket nyampe sana.๐Ÿ™‚

      • Sip. Memang ada rencana ke Madura? Kalau iya, dipaskan saja sekalian kalau ada event karapan sapi, jadi bisa sekalian jalan

      • iya, rencananya gitu, tapi mungkin baru tahun depan, masih lama sekali…๐Ÿ™‚

      • Oh gitu, kalau masih tahun depan, mudah-mudahan sih sudah banyak perbaikan, dan siapa tahu di dekat Pantai Lombang juga sudah dibangun penginapan yang lumayan. Aku sendiri berencana akan ke Madura lagi tahun ini. Nanti kalau ada info tambahan aku post lagi juga ๐Ÿ™‚

      • kalo bisa info tentang penginapan yang layak… terima kasih ya dah melayani pertanyaan saya yang rada menyimpak dari topik…

      • No prob, pertanyaan kaya apapun akan aku jawab selama aku betul-betul tahu sehingga aku gak kasih info yang gak pasti juga.
        Soal penginapan, kalau di Sumenepnya, penginapan yang aku pakai lumayan ok koq. Bersih, terang, aman, airnya juga lancar, meskipun breakfastnya menurut aku agak kurang. Kalau sudah pasti mau kesana, kabarin saja. Siapa tahu waktu itu sudah ada penginapan baru yang lebih baik lagi.

  13. how lucky you are om..get bonus rainbow..! ah.. love rainbow…

    is realy amazing after rain shineshining with the rainbow,perfecto om.;)

    love..love..love much…all the pick..

    tjantik om..

    **psstt..besok besok kalo ujan turun,bilang rain brenti ya aku mau ambil gambar,plissss..kata wi3ndce suruh brenti gitu๐Ÿ˜€ i love rain, i love rainbow too..

    and i’m waiting for hujan berpelangi๐Ÿ™‚

  14. satu kata “KEREEEEEEEEEEEEN”

  15. keren banget photonya๐Ÿ™‚

  16. Stunning photos… I love them all… Great job. Keep it up
    Cheers, Aquileana๐Ÿ˜›

  17. Pelangi nya kece … aku suka langit2nya yg hasil jepretan nya bikin merinding๐Ÿ™‚

  18. Ayo ayo! Pantai mulu ah:))

  19. Cemara cemara di pantai itu kok kelihatannya artistik sekali ya…
    Jenis itu yang dibonsai ya? Nggak usah dibonsai juga kelihatannya sudah cantik dari sononya kali pak Kris..

    • Betul Mbak, itu jenis cemara yang biasa di jual dalam bentuk bonsai. Bentuk dari sononya memang sudah artistik juga sih MBak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: