Birds under the domes

Hellooo . . .

Hellooo . . .

What I mean with domes here, are giant bird cages in which people built ecosystems suitable for birds that put into the cages, so the birds feel as if they live in their own habitat. Yes, I talked about a bird park. Although it was not as big as other bird park in other places, the bird park I visited recently was well managed and it has various kind of birds from all over Indonesia. The bird park was located in a giant park in East Jakarta known as Taman Mini Indonesia Indah (Beautiful Indonesia in Miniature Park), a park dedicated to introduce many aspects of Indonesia’s uniqueness and diversities which still bound in unity under the philosophical foundation of the country.

IMG_TBU02

Ok, about the bird park, or here it called Taman Burung; it had only one dome-shaped cage when it was built in 1975, but when it was inaugurated in 1987, the bird park had already 9 domes on a 6 acres lawn. The biggest dome was 30 meters high with the diameter of 68 meters; while the smallest one was 9 meters high which diameter was 20 meters. The birds in the domes were divided according to their zoo-geography which basically consists of two main region: Western Indonesia and Eastern Indonesia. Aside being functioned as a typical zoo, the bird park here was also functioned as a bird breeding facility, especially for the extinct species.

According to the data I’ve got at that time, there were more than 300 species lived in the giant cages, as well as in the smaller cages along the boundary of the park. Travelers who came to the park could walk along a path in those giant dome-shaped cages and came very close to the birds without bordered by anything. For some big or wild species such as eagles and cassowaries, however, additional cages needed to protect the human as well as the birds themselves.

IMG_TBU08

Anyway, in my opinion, the park was a perfect place for every bird lovers, especially for they who want to know about Indonesian endemic birds; from the big and colorful birds originated from the eastern part of Indonesia to the smaller species of birds from the western part of Indonesia.–

KeteranganΒ  :

Burung-burung yang ada di bawah kubah? Ya memang begitu karena yang aku maksud memang para pelancong betul-betul bisa melihat dan bahkan berinteraksi dengan berbagai jenis burung di dalam sangkar-sangkar raksasa yang berbentuk kubah. Sepintas malah bangunan sangkar-sangkar raksasa itu kelihatan seperti bangunan-bangunan yang sering muncul dalam film-film fiksi ilmiahΒ πŸ™‚

IMG_TBU11

Sangkar-sangkar burung rkasasa itu terdapat di Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta Timur. Posisinya memang agak di belakang, dan sangkar-sangkar raksasa itu berada dalam sebuah kawasan yang dikenal dengan nama Taman Burung. Pada saat pertama kali dibangun pada tahun 1975, Taman Burung ini hanya memiliki sebuah sangkar raksasa berbentuk kubah. tetapi seiring dengan berlalunya waktu, Taman Burung ini semakin ditata dan disempurnakan, sehingga ketika diresmikan pada tahun 1987, di sana sudah terdapat 9 buah sangkar raksasa yang kesemuanya berbentuk kubah yang berdiri di atas lahan seluas 6 hektar yang tertata rapi dan enak dipandang mata. Sangkar terbesar memiliki tinggi 30 meter dan garis tengah kubahnya 68 meter, sedangkan yang terkecil berukuran tinggi 9 meter dengan garis tengah 20 meter. Kebayang kan betapa besarnya 😎

IMG_TBU12

Secara umum, sangkar-sangkar raksasa itu bisa dibagi menjadi dua bagian, yaitu yang berisi burung-burung yang berasal dari bagian barat Indonesia dan burung-burung yang berasal dari bagian timur Indonesia. Pembagian zoogeografi ini dahulu dilakukan oleh Albert R. Wallace, sehingga garis hipotetis pemisah kedua bagian itu dikenal sebagai Garis Wallace yang membentang di antara Kalimantan dan Sulawesi terus ke arah selatan sampai membelah Selat lombok. Sebetulnya yang dibagi oleh garis ini tidak hanya faunanya, melainkan juga flora-nya. Untuk burung-burungnya, spesies yang berasal dari sebelah barat garis hipotetis tersebut warnanya tidak terlalu mencolok dan ukurannya juga relatif kecil-kecil, sedangkan yang berasal dari sebelah timurnya biasanya memiliki warna yang lebih mencolok dengan postur tubuh yang relatif lebih besar.

Di dalam masing-masing sangkar raksasa itu juga ditanam berbagai jenis tumbuhan sesuai dengan dengan sebaran geografisnya juga; sehingga hampir tidak mungkin pelancong menemukan tumbuhan endemik dari bagian barat Indonesia dalam sangkar yang berisi burung-burung yang berasal dari bagian timur Indonesia. Penanaman berbagi jenis tumbuhan tersebut juga dimaksudkan agar burung-burung di dalam sangkar-sangkar raksasa itu merasa berada dalam lingkungannya alamiahnya sendiri. Maklum saja, selain berfungsi sebagai kebun binatang yang koleksinya hanya terdiri dari unggas, Taman Burung juga berfungsi sebagai sarana penangkaran burung, khususnya burung-burung yang di alam sudah terancam kepunahan.

Ooops . . .

Ooops . . .

Dari penuturan penjaganya, di Taman Burung ini diperlihara lebih dari 300 jenis burung dari seluruh Indonesia, sehingga bisa dikatakan merupakan Taman Burung yang terlengkap di Indonesia. Karena itulah, rasanya Taman Burung merupakan tempat yang cocok dikunjungi oleh para pecinta burung. Meskipun demikian, bagi yang bukan pecinta burungpun rasanya akan suka juga berkunjung ke sana, berjalan-jalan dan berinteraksi langsung dengan berbagai jenis burung yang terbang bebas di dalam sangkar-sangkar rakasa berbentuk kubah itu.–

Don't take my picture!

Don’t you dare taking my picture!

Categories: Travel Pictures | Tags: , , , | 96 Comments

Post navigation

96 thoughts on “Birds under the domes

  1. Fantastic pictures!!! I love the beauty and the differences in colors and textures. You are most gifted.πŸ˜€

  2. Wow ada sekitar 300 jenis burung asli Indonesia⭐ .
    Chris yg terakhir apa nama burung tsb? Unik sekali perpaduan warnanya. Unik sekaligus tatapannya menyeramkan hahaha hebat bisa potret burung tsbπŸ˜‰ .

    • Yang terakhir itu burung kasuari, Mbak. Betul warna kepalanya unik dann memang galak juga. Aku motretnya juga sambil takut-takut, kuatir dia tiba-tiba matuk :mrgreen:

  3. mau piara semua….
    aku termaksud wanita pencinta burung mas, malah aku baru belejar beternak burung πŸ™‚

  4. Lokasi yang cocok banget buat latihan memotret satwa. Salah satu lokasi di mana lensa panjang sangat terasa kegunaannya, hahaha.

    • Betul Mas, meskipun juga jangan terlalu panjang karena burung-burung itu bisa kita dekati sampai jarak yang relatif dekat koq

  5. huaaa.. kaget lihat foto terakhir,
    kalkun ya pak..?
    matanya marah gitu..
    tapi fotonya bagus banget, suka deh

    • Bukan kalkun, Mbak. Itu burung kasuari. Memang kelihatannya galak dia Mbak, apalagi ditambah postur tubuhnya yang besar, jadi tambah serem deh lihatnya

  6. Wah eksotis juga koleksi Taman Burung TMII. Walau pernah ke sana tapi aku belum pernah masuk ke dalam, Mas.

  7. Wow, great place. Those are some pretty unique-looking species.

  8. wuiiihhh bagus2 fotonya Om, apalagi yang terakhir, sangat agung sekali penampakannyaπŸ˜€ burung apa namanya Om?

    • Yang terakhir itu kelihatan agung mungkin karena di kepalanya ada tanduk yang seperti mahkota gitu ya Mes? Itu burung kasuari. Burung besar yang gak bisa terbang. Rasanya masih saudaranya burung unta tuh karena sama-sama bertubuh besar

  9. harumhutan

    i was go there when i child,,,saat masih piyik belum genap 7 tahun,yang masih saya ingat jelas adalah masukin koin ke telp yang disediakan lalu ada suara burung yang menjawab lucu hehe…*sekarang masih ada ga om?

    yang paling bawah serem amat ya spesies burungnya angry bird,takut aku liatnya…*merakkah itu?

    jadi mengenal banyak jenis dan spesies burung ya om… kuatkan kaki dan lepaskan pandangan mata saat wisata ke siniπŸ™‚

    • Nah kalau yang masukin koin ke telp terus ada suara gitu, setahu aku adanya di Istana Anak-Anak. Kalau di Taman Burung, kemarin sih aku gak lihat. Eh tapi waktu aku kesana itu memang banyak yang kelewatan juga sih, Wiend karena fokusnya mau buru-buru masuk dome motretin burung 😳

      Yang paling bawah itu bukan merak, tapi burung kasuari. Memang kelihatannya serem, sayang pembuat angry bird gak tahu ada spesies ini, kalau ada pasti spesies ini sudah ikut masuk tuh πŸ˜€

      Iya betul, jadi tahu lebih banyak mengenai berbagai jenis burung yang ada di negara kita ini. Lumayanlah tambah pengetahuan

      • harumhutan

        xixiixi berburu model,kali ini burung yang jadi modelnya dan tjantik tjantik !

        oh kasuari, asli serem aku liatnya,seperti marahin aku kalo aku liatin gitu ,makanya aku buru2 tutupπŸ˜€

        stuja om.ekowisata itu perlu,terimakasi sudah berbagi disini,kan saya jadi tahu juga jd nambah wawasanπŸ™‚

      • Hi hi hi . . . iya Wiend, cantik sih cantik cuma susah diarahin aja πŸ˜€

        Si kasuari memang kelihatannya galak, terus terang pas motret dia aku juga takut koq

        Nah itu, ekowisata itu yang justru harus digalakkan demi melindungi kelestarian lingkungan juga

  10. saya gak terlalu suka burung, tapi kalau burungnya cantik-cantik gini seneng lihatnya ya Pak, apalagi kalau difoto kan diambilnya zoom jadi detaiiil banget.. baguus Pak ChrisπŸ™‚

  11. kasuarinya kerenπŸ™‚

  12. burungnyaa….as always, gambarnya om kris fantastis..
    seumur idup blm perna menginjakkan kaki ke TMII. klo ke jakarta, palingan ke dufan dan dari mall ke mall..hihihi..

  13. Mulai menjejak wild life Om..Kris

  14. wonderful place, wonderful birds with their colorful feathers.
    disebelah mananya TMII ya pak? Kayaknya waktu kesana saya kelewatan tempat ini deh…

  15. Beautiful shots!
    It’s one of my dreams, to visit this place!

  16. hihihi burung yang terakhir bulu matanya (atau alis) gak nahanin yaπŸ˜€

    anggun tapi galak euyπŸ™‚

    salam
    /kayka

  17. Tergeser sudah ingatan burung sebatas unggas yang bisa terbang. Aneka varian paruh, jambul, warna bulu dan habitatnya sungguh menarik.
    Gagahnya plus garang pula tampilan kasuari kekayaan Papua, sempat lihat begitu besar telornya di suatu pameran.
    Koq dihadapan Pak Krish burungnya bergaya manis anteng bak model menunjukkan aneka sisi eksotisnya ya Pak, hehe…..
    Salam

    • Ah gak anteng juga koq, Bu. Kebetulan saja ada burung yang lagi ngelamun atau juga kebetulan dapat jepretan yang bagus karena berpacu dengan waktu njepretnya. Aslinya sih banyak juga yang gagal koq.

  18. Kereeeeen mas dan terawat ya burung2nya

  19. I love visiting bird parks, and this one looks like a really fantastic one, Chris. Your pics are so awesome. Thanks for sharing. That Cassowary looks formidable indeed.😯

  20. Una Serie Impresionante… Un Saludo.

  21. wow so beautiful!

  22. Wonderful pictures!

  23. Coba kalau ke hutan nemunya yang beginian yak:D

  24. wow .. burungnya kece kece ya masπŸ™‚

  25. Saya beberapa kali ke TMII belum ada yang masuk Taman Burung ini, hiks,
    Foto burungnya cantik-cantik, yang terakhir kayaknya jadi primadona dia disana yaπŸ™‚

    • Memang banyak yang kelewatan, Mbak. Maklum saja Taman Burung ini posisinya di sebelah belakang, jadi kadang memang luput dari perhatian πŸ™‚
      Soal burung di foto terakhir, sebetulnya bukan primadonanya sih, apalagi posisi kandangnya juga di luar kubah. Cuma saja aku suka karena ekspresi yang aku tangkap kebetulan cukup unik menurut aku πŸ™‚

  26. Itu burung2nya sadar kamera ya he he he, jd ketika dishoot mrk pd action..

  27. hi hi hi..wah keduluan nih. beberapa minggu yang lalu saya juga sempat main ke sana Pak Kris. Lagi mikir-mikir mau nulis nggak… he he

    • Tulis aja Mbak, kan pasti berbeda sudut pandangnya.
      By the way, pas kesana itu aku juga sempat mikir kalau Mbak Dani pasti sudah pernah ke situ juga πŸ™‚

      • Kapan Pak Kris ke sana? Saya kayanya sekitar tgl 23 Maret deh.
        ya ya..nanti saya mau nulis deh.. tadinya ragu-ragu. Soalnya lebih senang mengamati tingkah laku burung-burung di alam liar.. .

      • Nah aku kesana pas libur Nyepi itu Mbak. Semula rencana mau jalan sih, tapi mengingat masih waktu kampanye dan kuatir kena macet, akhirnya memutuskan ke Taman Burung itu.
        Memang lebih seru mengamati yang di alam bebas sih Mbak, tapi menurut aku di sana juga lumayan lah karena sangkarnya masih memungkinkan burung-burung itu terbang dan gak cuma bertengger saja.

  28. Beautiful shots and I love the captions tooπŸ™‚

  29. Wah baru tau ada kayak gini di TMII :O
    waktu itu cmn ke bagian bangunan-bangunan daerahnya aja sih😐

  30. awesome…
    beautiful shoots, beautiful places.
    i hope i can visit somedayπŸ™‚
    Thanks for sharing

  31. Ah jadi malu :-7 dah bertahun2 tinggal di jakarta tapi blm perna ke taman miniπŸ™‚

  32. Beautiful shots, ChrisπŸ™‚
    There are some exotic birds over there, few of them I had never seen before.
    Thanks for sharingπŸ™‚

  33. wah sayang sekali waktu berlibur kesana saya tidak ketempat itu. terimakasih infonya

    • Sama-sama πŸ™‚
      Lain kali pas liburan lagi bisa menyempatkan ke sana. Kalau suka burung, tempatnya menyenangkan koq.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: