Dark shrouds over a lonely beach

On a very early morning, I intentionally went to a beach around 15 kilometers to the east of a small city called Pacitan; in hoping that when I came to the beach, the clouds would have already vanished and I would get a nice sunrise on the beach. As I came to the beach, however, the dark shrouds still hanging over the beach as you can see in the pictures below.

IMG_SOG12

Nobody been seen on the beach except for four teenagers with cameras waiting in despair for the sunrise as I did. At that time, the wind blew quite strong which made the rolling waves struck wildly against the rocks in a corner of the beach, made water splashes flung high.

IMG_SOG01

After waiting for more than one hour, the sun started to peek from behind the clouds, but unfortunately it was quite late. The sun had already too high. Well . . . perhaps luck will be with me at any other time in the future when I am visiting the beach again, so I will get a nice sunrise in there.

IMG_SOG06

Anyway, I took the pictures at a beach called Soge. It located in Sidomulyo Village, Pacitan Regency, in East Java. It was very easy to reach the beach, because the beach was by the South Java Main Road. The sight of the beach area was quite pretty if you see it from the road.

As for the beach itself, it was quite deserted when I was visited the area, perhaps I was too early to meet other other people at that timeΒ πŸ˜› . The beach has a long sandy area with rocks and low cliff on one side that located just below the road. There were simple hut and stalls on the beach, which I believe would be a place to sell simple snacks and drinks. When visiting Soge Beach, beware of the waves, because it was quite big with a very strong current, too. So, it will be better not to swim in the area, except you are a very good swimmer.–

IMG_SOG07IMG_SOG08IMG_SOG09

Keterangan :

Ketika aku berkunjung ke Pacitan, di suatu subuh yang berawan aku dengan sengaja pergi untuk mencari matahari terbit di sebuah pantai yang berjarak kurang lebih 15 kilometer di sebelah timur kota Pacitan. Memang kelihatannya sebuah perjalanan yang sia-sia, tetapi dengan memperhitungkan jarak dan juga waktu, aku masih punya harapan bahwa ketika aku sampai di pantai yang aku tuju, awan mendung yang menggelayut di langit sudah memudar, atau mungkin juga awan yang bergulung itu akan sejenak tersibak menampakkan moment terbitnya metahari. Bagaimanapun, pemandangan pastilah akan lebih indah jika saat terbitnya matahari, langit tidaklah polos berwarna biru, melainkan dihiasi juga dengan gumpalan awan di sana-sini.

IMG_SOG16

Sayangnya harapan tinggalah harapan. Sesampainya aku di pantai, ternyata sebaran awan mendung masih cukup merata memayungi pantai, bahkan sampai di atas perairan di lepas pantai. Pantainya sendiri juga cukup sepi. Selain dua pasang muda-mudi yang juga menenteng kamera yang tampaknya juga memiliki harapan yang sama seperti aku, aku tidak menemukan adanya pengunjung lain. Sambil mencoba untuk tetap berharap, baik aku maupun keempat remaja itu menjelajahi pantai menembus angin yang cukup kencang, yang menyebabkan ombakpun semakin besar dan seolah murka karena dengan garangnya menghantam karang yang berdiri kokoh di salah satu sudut pantai. Hantaman ombak itu menyebabkan buih dan percikan air melambung cukup tinggi.

IMG_SOG10IMG_SOG11

Setelah cukup lama menunggu dan hari beranjak siang, dimana baik keempat remaja itu dan juga aku sendiri merasa sudah cukup menjelajah kawasan pantai untuk mencari obyek yang menarik menurut kacamata masing-masing, saat itulah sang mentari baru mulai mengintip malu-malu dari balik awan, seolah malu karena bangun kesiangan. Ah tapi rasanya sudah terlalu siang juga untuk berburu matahari terbit, karena matahari sudah cukup tinggi dan sinarnya juga sudah cukup menyilaukan meskipun masih terhalang awan tipis. Cacing-cacing di perut yang sudah mulai menyuarakan protes mendorong aku untuk segera menuju kendaraan yang akan membawa aku kembali ke Pacitan. Mungkin lain kali kalau ke Pacitan lagi aku lebih beruntung dengan cuaca yang lebih bersahabat.

IMG_SOG17

Eh iya, dari tadi rupanya aku belum menyebutklan nama pantainya ya? Sorry . . . he he he aku sampai kelupaan nih  😳 .  Nama pantai itu adalah Pantai Soge. Letaknya di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Pacitan. Posisi pantainya persis di tepi Jalan Lintas Selatan Jawa yang belum lama ini diresmikan pengunaannya. Karena posisinya itu, siapapun yang melintas di jalan ini akan bisa menikmati keindahan Pantai Soge.

Pantai Soge merupakan pantai berpasir yang lumayan panjang. Pasirnya cukup lembut di kaki, sayangnya di beberapa bagian terdapat sampah yang mengganggu pemandangan. Di sudut pantai yang terletak di bawah jalan raya, merupakan gugusan karang. Hati-hati kalau berjalan di daerah sini karena karangnya cukup tajam. Untuk bermain air di pantaipun harus berhati-hati karena ombak di Pantai Soge ini cukup besar dengan arus yang kuat juga.

Di pantai terdapat beberapa gubuk sederhana yang bisa dipakai untuk duduk-duduk sambil memandang laut, sedangkan lebih jauh ke arah daratan ada beberapa gubuk lagi yang difungsikan sebagai warung sederhana yang menjual aneka jajanan dan minuman ringan.

Ngomong-ngomong, perjalanan dari kota Pacitan ke Pantai Soge juga cukup menyenangkan. Pemandangan indah di kiri kanan jalan akan tersaji sepanjang perjalanan, dan di beberapa bagian pelancong akan melewati bagian jalan yang membelah bukit batu. Di bagian itu, bukit batu yang seolah terpotong dengan pisau akan mengapit jalanan. Cuma saja perlu diperhatikan bagi yang mau kesana, seingatku pada saat aku kesana itu aku tidak melihat adanya kendaraan umum lho ya. Jadi ya mau tidak mau harus pakai kendaraan sendiri atau sewa tuh.–

IMG_SOG19

Categories: Travel Pictures | Tags: , , , | 62 Comments

Post navigation

62 thoughts on “Dark shrouds over a lonely beach

  1. Awesome photos and story!

  2. Chris, aku lihat ada gubuk-gubuk untuk jualan tapi ko tidak keliatan para penjual dan dagangannya ya?. Apakah karena pantainya sepi, jadi tidak ada yang berminat berdagang disana?πŸ˜€ .

    • Aku kesana subuh, Mbak. Trus mulai motret-motret itu sebelum jam 6 pagi, jadi memang belum ada orang. Yang jaga ticket masuknya aja belum ada πŸ˜€

  3. Berkat bagi yang rajin meliput Pantai Soge di pagi hari disuguh pemandangan eksotik. Perpaduan pasir pantai terjalnya tebing karang, ombak yang tinggi tersaji melalui foto ciamik
    Tak terlihat perahu nelayan seperti foto2 sebelumnya ya Pak. Salam

    • Iya Bu, perahu nelayan tidak terlihat karena memang di sekitar Pantai Soge tidak terdapat perkampungan nelayan. Ada juga jaraknya tidak terlalu dekat. Disamping itu posisinya yang langsung di tepi jalan raya rasanya berpengaruh juga karena tidak ada tempat untuk menambatkan kapal.

  4. aku sekali mas ke Pacitan, udah lama bagnet tapi pantainya emang keren2 ya disana

  5. Pantai identik dengan ‘kebebasan’… love it…πŸ™‚

  6. pantainya indah, bersih dan masih alami
    hari libur cukup ramai pak? kalau pantai banyak karang mungkin menyulitkan pengunjung ya…, apalagi nggak bisa turun ke air

  7. Breathtaking images!

  8. Beautiful, so beautiful!

  9. lovely Pics

  10. Jalan Lintas Selatan Jawa itu jalan alternatif ke Pacitan kalau dari Wonogiri ya? Yg umum kan kalau dari perempatan Giribelah masih lurus ke timur, yang ini ambil arah ke selatan?

    • Nah ini terus terang aku kurang yakin, Mas, karena tempo hari itu aku gak lewat Wonogiri. Tapi yang jelas jalan yang menyusur pantai selatan. Untuk ke pantai ini, kalau dari Pacitan masih arah ke timur lagi

  11. subhanallah….cantik banget ya om…
    aku selalu terkagum2 kalo liat foto2nya om kris… bagus2 bidikannya. apalagi ombak yang berpadu dengan awan itu… dapat aja momennya nih si omπŸ˜€
    sekali aja ke pacitan dan ga tau ada pantai sebagus ini…hehehe

    • Terimakasih Eda. Ini kebetulan aja koq dapatnya.
      Trus untuk ke pantai ini, waktu itu aku juga tahunya gak sengaja. Infonya justru aku dapatkan dari penjaga hotel

  12. Huooooo awannya luar biasa. Kayak mau ujan ya…tapi eh mataharinya nongol dikit…

    • Iya, mendung berat. Malah pada saat berangkat menuju ke pantainya sempat kena gerimis. Untung makin siang makin cerah meskipun tujuan utama mau dapatkan sunrise gak tercapai

  13. harumhutan

    serem om liat foto foto awannya itu like a life..!

    nyaru sama ombak ya jadi mirip gitu,k h e r e n…!! pake abiiisss..manteb dah fotonya
    membawa jiwa saya kesana

    ga sia sia om dapet foto itu..**takjub..!

  14. Jadi susah membedakannya, mana yg lebih indah, pada saat berawan/mendung atau cerah.
    The pictures are beautifulπŸ™‚

    • Thanks for your kind words πŸ™‚
      Aku lebih suka langit sedikit berawan, karena dengan adanya awan akan menambah keindahan pemandangan dibandingkan langit biru cerah yang polos

  15. Stunning pics, Chris. That beach looks very isolated and so beautiful.πŸ™‚

    • Thanks, Sylvia. Actually the beach was not isolated because its location was beside a main road connecting Pacitan to other cities in East Java

  16. Eh busyet .. subuh2 sudah nongkrong disana hehehe, ngak takut kak ???? itu ombak dahsyat banget yaaa seremmmmm

  17. foto fotonya keren..
    emang aslinya pantainya juga bagus, di dekat dermaga ikan ada tempat makan enak lo duh namanya lupa tempatnya sedehana namun masakanya mantap…
    ada nasi tiwul ma urap yang ku suka pastinya juga ikan menu utamanya.

    • Wah ada dermaga ikannya juga ya dekat situ? Di sebelah mananya? Trus untuk tempat makannya, kalau sudah ingat info ke aku ya, siapa tahu aku nyasar ke sana lagi πŸ™‚

    • Sip lah..
      ntar aku tanya anak pacitanya dulu cos kemarin aku di jamu di sana cris.
      pokoknya sejalur arah mau ke yogya lewat wonosari.
      wiih pemandanganya Kece bener…
      pokonya aku dah ingat aku email ke kamu..

  18. fotonya bagus-bagus mas chris…

  19. Oh, wow! Those are stunning, dramatic clouds. Both scary and irresistible. Beautiful! Have a blessed week.

  20. Arrgghhh… lihat postingan ini aku jadi semakin jenuh di jakarta….
    (nangis kejer di pojokan)…

    bagus-bagus banget pak foto lautnya… tapi koq ya serem gitu awannya…

    • Cup . . cup . . jangan nangis ah. Ayo jalan-jalan ke pantai saja πŸ˜€
      Awannya memang agak serem, Mas. Mendung berat subuh itu. Bahkan di jalan sempat kena gerimis

  21. Pacitan gak ada habisnya memang ya mas Chris..πŸ™‚

  22. Pengaruh mendung membuat ombaknya besar ya Om…kelihatan banget ombaknya besar Om

    • Pada dasarnya pantai-pantai di Pacitan ombaknya memang lumayan besar, Bli. Apalagi kalau pas pasang seperti waktu aku ke sana itu

  23. kampung pak beye nih. bahkan di pantai yang agak terpencil sampah msh berserakan ya om:/

  24. Kris – Even if the sun didn’t corporate, I love the haunting look pulling from the water asking you to come in and partake of nature anyway. I’m curious, what are the little shacks I continue to see in the background?

    • Glad to know that you love the pictures, Sheri.
      And the little shacks in the background, they were some simple stalls used to sell local snacks and drinks when the beach had many visitors

  25. You have some amazingly vibrant photographs

  26. Foto fotonya mas Krish bikin aku ber wow … wow nih, kebayang andai berada di sana langsung, bakalan melongo dehπŸ˜›

  27. Gambar yang ditengah nomer dua dari bawah itu menarik hatiku banget Pak Krish. Tanah/batuan dwi warna, coklat kekuningan dan diatasnya kehitaman – sangat jelas sekali perbedaan lapisannya ya Pak. Mungkin itu menjelaskan sebuah kejadian geology tertentu ya Pak..

    Perbedaan warna itu bukan karena perbedaan intensitas cahaya kan Pak? Siapa tahu yang satu kena sinar matahari terus diatasnya kena bayangan atap dsb? Bukan kan Pak?

    • Perbedaan warna itu memang asli warna batunya, Mbak, karena di sekitar situ kebetulan tidak ada bangunan. Rasanya betul dugaan Mbak Dani, mungkin akibat suatu kejadian geologi atau bisa jadi juga akibat pengaruh pasang surut air laut. Soalnya diwaktu pasang, air laut merendam sebagian karang itu.

  28. stunning!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: