A perfect beach to spend a week-end

Some of Bangka Island’s beaches were known to have rocks scattered on its shore like the beaches in Belitung Island. Some rocks were quite big while others were not too big. Or seemed not too big, to be preciseπŸ™‚ because some parts of the rocks were underground or under the sea. Mother nature has arranged the rocks artistically in some pretty formations which in turn made the scenery on the beach quite awesome.

IMG_PAR01

One of the beaches in Bangka that decorated by pretty rock formations was Pantai Parai or Parai Beach. The beach was considered the most beautiful beach in eastern Bangka. It was located in Sungailiat District.

The beach area could be reached by approximately 1 hour drive from Pangkalpinang. It was advised to use a taxi or simply rent a car, because there were no public transport served the route to the beach directly. Once in the beach area, however, travelers could chose to spend a night or two enjoying the beauty of the beach and all facilities provided by Parai Beach Resort and Spa. Yes the pretty beach was in a private area of a resort; hence travelers should pay an admission fee of Rp 25,000.– (approximately US$ 2.–) per person to enter the area. The resort itself looked quite old although it was quite well managed.

As for the beach itself, well . . .Β  aside of some rocks scattered on and off the shore, Parai Beach had white and soft sands along its shore. It was facing the South China Sea that had a fairly calm water, at the shore there was only ripples that lapped the white sands. So it was safe to swim or having any fun activities in the clear and shallow water along the beach in the area.

Off the shore, there was a small rock island with a cafe on it. The island was connected to the shore by a concrete bridge with lamps on either side of it.

IMG_PAR03

IMG_PAR09

The beach area was also a perfect place to capture and enjoy sunrise. Unfortunately I didn’t have enough time to re-visit the area in the morning and capturing sunrise. Hope that there will be other time to visit the beach in the morning.–

IMG_PAR14

 

Keterangan :

Beberapa pantai yang ada di Pulau Bangka terkenal dengan adanya batu-batu besar yang berserakan di pantainya. Baik yang tegak menjulang sehingga kelihatan betapa besar ukurannya, maupun yang sebagiannya terkubur di pasir pantai atau terbenam di lepas pantai sehingga kelihatan berukuran tidak terlalu besar. Serakan batu-batu tersebut seakan merupakan aksesoris alam yang menambah kecantikan pemandangan pantai. Nah . . karakter pantai seperti ini juga terdapat di Pulau Belitung yang menjadi tetangganya.

Salah satu dari sekian banyak pantai yang berhiaskan batu-batu raksasa di pantainya adalah Pantai Parai yang beberapa fotonya aku sertakan dalam postinganku kali ini. Pantai ini dikenal sebagai salah satu pantai tercantik di sisi timur pulau penghasil timah ini.

IMG_PAR10

Pantai Parai berjarak kurang lebih 40 kilometer dari Pangkalpinang. Yah . . . kalau pakai mobil, bisa dicapai dalam waktu sekitar sejam gitu. Itu mobil kendaraan umum? Bukan, yang aku maksud di sini adalah mobil sewa atau taxi, karena kendaraan umum yang melayani trayek ke Pantai Parai masih sangat jarang, atau bahkan bisa dibilang gak ada 😦

Nah kalau sudah sampai di pantainya, tinggal terserah mau ngapain. Mau nginep supaya lebih puas menikmati keindahan pantai dan segala fasilitas yang disediakan oleh Parai Beach Resort and Spa juga bisa. Eh koq . . . ? Iya nih, pantai indah ini berada dalam kawasan resort sehingga untuk masuk dan menikmati keindahan pantainya, pelancong harus membayar tiket masuk sebesar Rp 25.000,– per orang. Tentunya kalau nginep di situ ya masuk ke pantainya gratislah. Resortnya sendiri dari pengamatanku sih kelihatan cukup tua meskipun masih terawat dengan baik kebersihannya.

Pantainya memang cukup indah sih. Alam membentuk serakan batu-batu besar berwarna kekuningan menjadi hiasan yang membuat pemandangan Pantai Parai semakin sedap dipandang. Pantainya sendiri merupakan pantai yang landai dengan pasir berwarna putih yang lembut. Deretan pohon kelapa dan beberapa jenis pohon besar lainnya membuat udara pantai tidak terlalu panas. Ombaknya juga relatif tenang dengan air yang jernih, sehingga cukup menggoda yang datang ke sana untuk nyebur atau melakukan berbagai aktifitas bahari dengan perlengkapan yang bisa disewa dari pengelola resort.

IMG_PAR06

Di lepas pantainya ada sebuah pulau kecil yang merupakan tumpukan batu raksasa yang menyembul dari laut. Di atas pulau itu terdapat sebuah cafe dimana pelancong bisa duduk-dudukΒ  santai sambil menikmati semilir angin laut. Ada sebuah jembatan semen yang menghubungkan pulau ini dengan pantai. Jadi gak usah kuatir berbasah-basah kalau mau ke cafe yang dinamakan The Rock ituΒ πŸ™‚

Pantai Parai menghadap ke arah timur, sehingga cocok untuk menyambut terbitnya matahari di pagi hari. Waktu itu aku ke sana sore hari, dan sayangnya aku tidak punya cukup waktu untuk balik lagi keesokan paginya untuk menyambut terbitnya sang surya. Mudah-mudahan saja aku masih punya kesempatan untuk berkunjung lagi ke sana dan bisa menikmati keindahan fajar dari sana.–

IMG_PAR13IMG_PAR16

 

Categories: Travel Pictures | Tags: , , , | 89 Comments

Post navigation

89 thoughts on “A perfect beach to spend a week-end

  1. Pantainya bagus untuk lokasi pemotretan preweddingπŸ˜‰ .

  2. Saya gak baca deskripsinya lagi mas… terpana dengan foto2nya.
    Muantab.
    Pernah lihat di net.tv bahas Bangka. memang bagus ya… Pengen ke sana

    • Nah nanti setelah pulang dari sana, pertama-tama dijadwalkan liburan ke Bangka, RyanπŸ™‚
      Betul, Bangka memang indah, tetapi menurut aku pribadi, Belitung lebih indah dan terawat

  3. Pantainya Jernih, Trumbu karangnya ada Mas Krish?

    • Kalau di pantai ini gak ada terumbu karangnya, Mas, Biasanya mereka yang mau snorkeling atau menyelam, pergi ke Pulau Ketawai. Pulau itu posisinya di depan Desa Nelayan Kurau yang sudah aku posting di postingan sebelum ini

  4. bisa asyik nih duduk di pantai mandangin batu besar dan mengimajinasikan bentuk2nya…..

  5. Stunningly beautiful place, and certainly not overcrowded. πŸ™‚

    • I think, it was not overcrowded because people had to pay to enter the area. Besides that, I was there on workday πŸ™‚

  6. Aye mesti kesini!! Top banget pemandangannya, bang

  7. witkoo

    Harus di coba ni, makasih infonya ya sob..

  8. Teguh Puja

    The views are always wonderful.

  9. These beaches are only coming in my dreams, they are so gorgeousπŸ™‚ !

  10. Jangankan menikmati sendiri di Bangka, lihat foto mas Chris aja aku sdh berimajinasi ada sebentuk perahu di foto pertama.
    Suka foto yang pertama. Top πŸ‘

  11. πŸ™‚

  12. batu-batunya sangat idah ya Pak Chris. Biasanya batu membuat pantai terlihat jelek… Tapi di sini, dengan batu yang warna dan bentuknya seperti itu membuat pantainya terlihat sangat artistik…

  13. subhanallah… cakep banget ya om..
    btw, itu pantai yg kelola resortnya? bukan pemerintah gitu om?
    agak aneh ya..klo alam dikelola resort karena berada di dalam kompleks resort ituπŸ˜€

    • Iya pantai itu ada di dalam resort dan resort yang mengelola, termasuk menjaga kebersihannya.
      Sebetulnya dibilang aneh, ya gak juga sih, karena yang model begini banyak juga di Bali dan Lombok. Rata-rata tempat indah sudah jadi milik pihak tertentu. Kalau terus dijaga kelestarian alamnya sih gak pa-pa lah, cuma kadang kita aja yang kesel karena mau masuk harus bayar. Yang betul-betul bikin jengkel itu kalau sudah menguasai suatu daerah, terus mau masuk bayar, dan mereka merusak dengan dalih membuat lebih indah

  14. bagus foto-fotonya… Para ini di Bangka ya? BUkan di Belitung?

  15. wowwww… baguuuuuuuuuuussssss bangeeeett… plan a trip ke Bangka ahhh…πŸ™‚

    • Hi Tantri, sorry baru response comment dari Tantri. Entah mengapa comment Tantri ini masuk ke spam folder-ku.
      Anyway, kalau ada kesempatan, memang asyik juga jalan-jalan ke Bangka. Masih banyak tempat indah yang belum terlalu ramai πŸ™‚

  16. Pantai lain terkenal dengan pasir dan debur ombaknya. Pantai Parai dikaruniai bebatuan sebagai daya pikatnya. Trima kasih ya Pak, melalui postingan ini kami pembaca kut menikmati keindahan P. Bangka. Salam

    • Iya Bu, Pantai Parai dikaruniai serakan batuan yang membuat pemandangan pantainya menjadi lebih indah.
      Terimakasih juga sudah menyempatkan berkunjung, Bu

  17. harumhutan

    asli jadi pengen kesana gitu om..

    batu batunya itu wow..jarangkan pantai berbatu besar gitu,biasanya karang..parai emang unik yaa..

    mirip sungai ga mirip pantai karna batunya,airnya bening lagi jadi pengen nyuci bajuπŸ˜€ #eh..

    • Yaaah . . . masa jauh-jauh kesitu cuma mau nyuci sih, Mbak?πŸ˜―πŸ˜€
      Tapi ngomong-ngomong pantai berbatu, di Belitung juga ada beberapa pantai yang berbatu granit. Mungkin memang ciri khas pantai kedua pulau itu memang pantai berbatu

  18. kebayang mas andai aku berada di sana, bakalan melongo dann kebingungan buat motret hihihi … terlalu cantik alamnya, kayaknya nggak banyak orang ya mas di sana ? .. enak buat berduaan sama suami .. yg lain ngontrak aja dulu deh:mrgreen:

  19. Bikin geleng-geleng saja ini cerita dan gambarnya Om..
    kalo boleh minta, bisakah naikin dikit saturasinya hehehe.. sayang warna kurang keluar oM hehe
    ini tempat main ikal dkk… kayaknya.. nanti harus sampe kesana deh
    cuma minta looh…

  20. Pantai lagiii. Love it! Pak Chris selalu sukses bikin saya ‘ngowoh’ terpana. Pokoknya Wow banget

  21. Om itu batunya memang aslinya berserakan gitu atau sengaja di atur..kren..bagus ommm…ohh…kapan bisa motret di sana yach

    • Batunya memang asli berserakan gitu, Bli. Tapi ternyata yang berserakan begitu menimbulkan keindahan tesendiri.
      Santai aja Bli, aku yakin suatu waktu Bli Budi pasti sampai,kesana dan bisa menghasilkan foto yang jauh lebih indah

  22. langsung pengen nyemplung -pak kris…seger dan indahπŸ™‚

  23. bagus banget mas Kris dan fotonya juga cakepπŸ™‚

  24. Bagus yach pantainya, apalagi batu2nya itu yang bikin keliatan unik.
    Suatu hari harus mampir siniπŸ™‚

  25. Beautiful – very well captured…πŸ™‚

  26. Mas, lain waktu sisipin cewek cantik di antara batu-batu itu, berbaju merah, seski dan menggoda basah. Pasti keren tuh mas. *ngayal ajah*

  27. awesome bangka..!
    i think i need to go there someday

  28. Hope, someday i can visit bangka island, one of heaven in the earth ^^

    • Thanks for stopping by, Uni.
      Anyway, there are a lot of heaven pieces in our country, and yes, Bangka is one of them πŸ™‚

  29. Sama indahnya dengan Pantai Padang ya. Hahaha enggak lah.πŸ˜€

    Suatu saat nanti harus disini. Harus!

  30. Beautiful captures!
    Cheers,Laura

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: