Mesmerized at a mesmerizing peninsula

Bangka is an island located off the eastern coast of Sumatra, Indonesia. Once it was known as having a big deposit of tin, so . . . many tin mines was being opened on the island, some even in the form of open pits, which in turn made the surface of the island looks like the surface of the moon with so many man-made craters๐Ÿ˜ฆ. Fortunately, Bangka is blessed by having so many beautiful beaches. The beauty of the beaches can be seen as a compensation of its ugly ‘face’ which is full of potholes.

IMG_TJP01

One of many beautiful beaches in Bangka is Pantai Tanjung Pesona. The name can be translated freely as the Mesmerizing Peninsula Beach. The beach is 30 kilometers to the north from Pangkal Pinang, the largest city on the island. It is private managed now, because it is located in a resort called Pesona Beach Resort and Spa. Because of that, to be able to enjoy the beauty of the beach, travelers who are not stay in the resort should pay an entrance fee of Rp 10,000.– (approximately US$ 1.–) per person. In return, travelers can enjoy a well managed and pretty clean beach.

IMG_TJP09

Tanjung Pesona has two kinds of beaches in one area. In a part, the beach is decorated by natural big granite rocks, while on the other side, there is a white sandy beach with calm sea water that will always perfect for swimming or doing any water activities. In between the two parts, there is a gazebo on the water that is connected to the shore by a narrow stone bridge. I believe the gazebo will add something to the beauty of the beach area, especially at sunrise. Hope that I can spend a night or two in there sometimes in the near future so I can be able to capture the prettiness of the area and also to feel the tranquil atmosphere at sunrise. The last time I visited Tanjung Pesona Beach, I just got an opportunity to drink a glass of fresh orange juice in a restaurant by the beach. Hmmm . . . that was really a perfect refreshment in a hot afternoonย ๐Ÿ˜€

Keterangan :

Pulau Bangka yang terletak di sebelah timur Pulau Sumatra pernah terkenal sebagai salah satu penghasil timah yang terbesar. Tidak heran banyak sekali tambang timah di sana, baik yang resmi dikelola pemerintah maupun yang liar dilakukan oleh penduduk, baik yang merupakan tambang tertutup maupun yang merupakan tambang terbuka. Karena penggalian yang tidak terkoordinir inilah akhirnya menyebabkan ‘wajah’ Pulau Bangka bopeng-bopeng ๐Ÿ˜ฆ. Banyak sekali bekas galian yang membuat Bangka menjadi si Buruk Rupa. Untung saja Tuhan menganugerahi banyak pantai yang indah di sekeliling pulau ini sehingga keindahan pantai-pantai itu bisa sedikit menyamarkan keburukan ‘wajah’ Pulau Bangka.

Salah satu dari pantai cantik yang ada di sana adalah Pantai Tanjung Pesona yang sempat aku kunjungi beberapa waktu yang lalu. Keindahan kawasan itu memang betul-betul mempesona, sehingga nama Tanjung Pesona tidaklah salah disematkan pada pantai ini.

IMG_TJP06

Pantai Tanjung Pesona terletak di Desa Rambak, kira-kira 30 kilometer di utara kota Pangkal Pinang. pantai ini dikelola oleh pihak swasta yang juga mengelola sebuah resort yang bernama Pesona Beach Resort and Spa. Dan karena Pantai Tanjung Pesona berada di dalam kawasan resort tersebut, tiap pengunjung yang tidak menginap di resort tetapi ingin menikmati keindahan pantainya, diharuskan membeli tiket masuk seharga Rp 10.000,– per orang. Menurut aku sih harga segitu masih wajar mengingat bahwa kawasan pantai di situ cukup bersih dan terpelihara.

IMG_TJP11

Pantainya sendiri memiliki dua karakter yang berbeda antara satu sisi dengan sisi lainnya. Di satu sisi penuh dengan batu-batu besar hasil bentukan alam yang seolah ditata oleh tangan raksasa yng mengatur formasinya sedemikian rupa sehingga bisa menambah keindahan kawasan itu. Sementara itu, di sisi lain terbentang pasir putih dengan pohon-pohon kelapa dan juga beberapa jenis pohon lain menghiasi sekaligus memayungi kawasan berpasir dengan ombaknya yang tenang, sehingga memungkinkan pengunjung untuk bermain air ataupun melakukan berbagai aktifitas bahari lainnya. Di sana aku sempat melihat beberapa macam sarana kegiatan air yang disiapkan oleh pengelola resort dan bisa disewa dengan harga pantas oleh para pengunjung.

 

Di antara kedua jenis pantai tersebut, terdapat sebuah gazebo yang dibangun menjorok ke laut, seolah-olah menjadi pembatas antara bagian yang berbatu besar dengan bagian yang berpasir halus. Bangunan gazebo itu terhubung ke bibir pantai dengan sebuah jembatan batu sempit. Menurut aku, gazebo itu menambah kecantikan panorama Pantai Tanjung Pesona, apalagi pada saat fajar menyingsing. Ah . . . rasanya jadi pengen nginep di situ supaya bisa menangkap keindahan matahari terbit sekaligus merasakan suasana tenang di kala fajar. Terakhir aku kesana, aku cuma sempat menikmati kesegaran segelas es jeruk murni di resto yang ada di tepi Pantai Tanjung Pesona๐Ÿ˜€

IMG_TJP15

the restaurant on the beach

Categories: Travel Pictures | Tags: , , , | 61 Comments

Post navigation

61 thoughts on “Mesmerized at a mesmerizing peninsula

  1. Sungguh mempesona! Sesuai dg namanya pantai Tanjung Pesona๐Ÿ™‚ .
    Spertinya sedap sekali duduk dbawah pohon kelapa, memandang lautan luas sambi meneguk air kelapa *edisimenghayal*๐Ÿ˜€ .

  2. So beautiful!

  3. So very beautiful photos!

  4. harumhutan

    emang mempesona bener tanjung pesona ini ya om

    ga tahan liat birunya laut dan bongkahan batu,itu pas ombak menerpa batunya kheren banget *pyaaar byuur,,, ih..

    • Memang kalau ombak menerpa batu jadinya keren, tapi karena kemarin itu lautnya relatif tenang, jadinya kurang spektakular ๐Ÿ˜›

  5. clear water, very pretty

  6. Aku rasanya pengen berenang berlama-lama deh di salah satu sisi pantainya. Lautnya berwarna sangat indah dan beda dengan warna laut di pulau-pulau lain, apakah ini karena ada kandungan Timah di dasar lautnya? apakah kaau kita berendem lama-lama gak akan tersepuh oleh Timah, Mas? Aku bersyukur bisa menikmati pemandangan Pantai Tanjung Pesona, walaupun masih melalui gambar. Terima kasih atas postingan ini.๐Ÿ™‚

    • Bisa jadi dugaan Pak Muh betul karena kandungan timah yang tinggi, tapi yang jelas airnya masih jernih di sana, Pak.
      Gak usah kuatir berubah jadi robot, Pak. Badan kita gak akan terkontaminasi oleh timah koq ๐Ÿ™‚

  7. Me gustan mucho todas las fotografรญas. lugares de ensueรฑo.
    Que tengas un feliz fin de semana.

  8. namanya sesuai degnan keadaan๐Ÿ™‚

  9. terus terang Larass tuh sering nyontek “view” dari foto2 om Chriss tapi tetap yah hasilnya sangat sangat keren jepretannya om Chris hehehe mana mungkin dah Larass bisa kek om Chriss yang udah keren banget jepretannya…..hehe tapi ndak papa toh om kalau suka nyuri2 ilmu om Chriss “nyuri kok ngomong yah xixixi”

    • Ah Larass jangan suka merendah gitu, jepretanku biasa aja koq. Itu karena memang pemandangannya yang keren. Tapi aku tetap bersyukur karena bisa menginspirasi Larass, aku gak merasa ada sesuatu yang dicuri karena pada dasarnya ilmu itu kan milik semua orang yang berminat

      • aseeeggg…..tapi bener kok om, pas habis lihat foto2 keren kadang suka terbesit pengen moto dengan angel seperti itu๐Ÿ˜€

      • Kalau gitu sih bukan cuma Larass, aku juga sering koq merasa gitu. Makanya biasanya kalau mau ke suatu tempat, aku sering cari referensi mengenai tempat itu dulu sebelum berangkat

      • tapi harus tetap berterimakasih sama om Chriss yang udah nularin ilmunya walau tetap saja masih kurang maksimal hasil jepretan Larass

      • Ah kalau sama aku sih gak perlulah, cukup sama Yang Di Atas saja, yang sudah menciptakan tempat-tempat yang indah dan juga sudah kasih kesempatan aku buat merekamnya ๐Ÿ™‚

  10. cakep bgt om pantainya

  11. Sungguh Agung Sang Arsitek Tanjung Pesona….Tak hanya tambang timah, P. Bangka menyimpan ‘timah pantai’
    Terima kasih Pak Krish berbagi keindahan Tanjung Pesona

  12. Mas..leyeh2 dibawah pohon rindang gitu sambil campursarinan saya mesti langsung angler ^.^

  13. Absolutely beautiful beaches, Chris. Such a paradise!.๐Ÿ™‚

  14. Tina Latief

    really cool btw..๐Ÿ™‚ pakai software apa ya mengatur komposisi fotonya?

    • Hi Tina, thanks sudah mampir ๐Ÿ™‚
      Untuk komposisi foto, pengaturan dilakukan di kamera secara langsung pada saat memotret, jadi tidak mempergunakan software apapun. Baru kalau perlu meningkatkan kontras ataupun brightness, aku mempergunakan beberapa software photo editor gratisan yang banyak ditemukan di net.

      • kalau pengatura kotak-kotaknya itu pakai di wp atau apa ya?

      • Oh kalau yang kotak-kotak itu, bisa memanfaatkan fasilitas yang ada di WP. Pada saat upload foto, pilih opsi “make a gallery”. Dengan opsi itu, setelah selesai upload foto-fotonya ada layar lain yang terbuka dan menawarkan opsi galerinya mau ditampilkan seperti apa. Kotak-kotak yang ada di postinganku itu muncul karena aku ambil opsi “mosaik”

      • lain kali coba deh lain kali kalau aku punya foto mba..
        salam kenal ya mba, ditunggu kunjungan baliknya
        semoga selalu connected..

      • Ok, silahkan dicoba, kalau masih ada yang gak jelas, silahkan nanya lagi. Dan aku sudah berkunjung juga lho diam-diam ๐Ÿ™‚
        Btw, sedikit koreksi boleh ya, aku bukan “mba” karena belum ganti kelamin ๐Ÿ˜†

      • haha, maaf-maaf mas, jadi saya panggil apa nih?๐Ÿ˜€

      • Apa aja, asal bukan “mba” ๐Ÿ˜€

      • eh ehehe, mas chris ya.. oke deh..๐Ÿ˜€

      • ๐Ÿ˜€

  15. Pak Krish, nebeng ikutan belajar pengetahuan menata foto dari galeri atas diskusi di atas. Terima kasih

  16. wow … batu batu di Tanjung Pesona itu mas, emang mempesona ya, membaynagkan duduk di sana nonton sunrise/sunset …. bakalan terasa melayang deh๐Ÿ™‚

    Fotonya spt biasa cantik cantik mas, kayak yg di majalah wisata๐Ÿ™‚

    • Nonton sunrise di situ memang asyik, Mbak, makanya aku juga pengen balik lagi karena belum sempat menikmati sunrise-nya.
      Terimakasih juga udah memuji, tapi fotoku jadi bagus karena memang tempatnya bagus, Mbak ๐Ÿ™‚

  17. Keren banget, bangka dan belitung hampir mirip yaa pantai2 nya selalu penuh batu gede2๐Ÿ™‚

  18. few weeks ago i watched one of the TV show on Net TV, about Indonesia Bangga. And that episode showed how beautiful Bangka is.
    I really love the beach…

  19. Lgs nebayangin foraging nyari haisom a.k.a teripang atau sea cucumber…
    bangka oh bangka, satu2nya kepulauan yg seafoodnya lebih mahal drpada di daeah non kepulauan…hahaha

  20. Sangat indah, jadi kepengen kesini๐Ÿ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: