Thin natural water curtains in the wild

In my previous post, I’ve already told you about the Benang Setokel Waterfalls which is located in Aik Berik Village, Central Lombok. Well . . . for travelers who need more challenge, they can try to go further to the jungle and up to find another waterfall, or should I say waterfalls? Yes, I think I prefer use the term waterfalls because there are more than one falls in a location, although people consider all those falls as one waterfall which called Benang Kelambu Waterfall. As for the name, like I said before, ‘benang‘ can be translated as thread or yarn, and ‘kelambu‘ means a net that covering a bed which prevents people from being attacked by mosquitoes while they are sleeping. So Benang Kelambu can be translated as the yarn or thread to make a net.

IMG_BKL01

IMG_BKL02

The waterfalls got its name because the water of the falls is not falling over a cliff with its roaring sounds, it gushing through many hanging bushes instead; which in turn make falling water forms an array of threadlike streams that look like thin water curtains. The water then falls into some small ponds before flowing over the tip of the ponds to form a stream at the foot of the hill. There are more than one array of water curtain in the location.

The water source of the unique waterfalls is the Segara Anak, a volcanic lake located at the caldera of Mount Rinjani. The water falls from the height of 25 – 35 meters. As also like at the neighboring Benang Setokel Waterfalls, the temperature at Benang Kelambu is quite cool the year long. I even say that it is cooler than at Benangย  Setokel, because Benang Kelambu position is in a valley that located above the previous waterfalls.

To come to Benang Kelambu Waterfalls, travelers have to use the same route as they use to go to Benang Setokel, and then about 50 meters before the pond of Benang Setokel, travelers should take a narrow but steep path up to a hill at the left of Benang Setokel. Once there, travelers can just follow a path through the forest, which in some parts have already been cemented. There are also stone steps to help travelers at some extreme slopes, especially at the location where travelers come down to the valley of the waterfalls. It takes about 30 – 60 minutes walk to reach the waterfalls.

There were not many people came to Benang Kelambu Waterfalls when I was there, perhaps the winding trek through the forest made them reluctant to enjoy the amazing view presented by natureย ๐Ÿ™‚ .–

IMG_BKL03

 

Keterangan :

Ingat kan kalau dalam postingan sebelum ini aku sudah sedikit bercerita mengenai Air terjun Benang Setokel yang terletak di Desa Aik Berik, Lombok tengah? Nah . . . di postingan ini aku mau cerita sedikit mengenai air terjun lain yang terletak tidak jauh dari Air Terjun Benang Setokel, cuma saja memang medan yang harus ditempuh untuk mencapainya lebih menantang karena harus berjalan melalui jalan setapak di tengah hutan yang cukup berliku dan juga berkontur naik turun.

IMG_BKL04

Air terjun kedua ini dikenal dengan nama Air Terjun Benang Kelambu. Air terjun ini cukup unik karena kita tidak akan mendengar suara gemuruh jatuhnya air di sana, melainkan hanya kesunyian yang ditingkah suara gemericik air yang akan kita temui. Lho koq bisa? ๐Ÿ˜ฏย  Iya, di sana airnya tidak terjun dari ketinggian seperti halnya terdapat di air terjun-air terjun lain yang selama ini kita kenal, melainkan mengalir melalui kerimbunan semak tanaman Gambung sehingga jatuhnya membentuk tirai air yang tipis layaknya kelambu. Itu pula sebabnya mengapa air terjun ini dinamakan Air Terjun Benang Kelambu. Aliran air yang membentuk tirai air itu mengalir dari ketinggian sekitar 25 – 35 meter ke beberapa undakan yang berbentuk kolam dangkal, dimana air akan meluber membentuk air terjun kecil di tingkat bawahnya sehingga akhirnya membentuk aliran sungai kecil di kaki tebing.

Sebetulnya aku lebih suka menyebut air terjun ini sebagai kumpulan air terjun, meskipun orang lain tetap menganggapnya sebagai satu kesatuan air terjun saja. Hal ini karena begitu kita sampai di mulut lembah, di hadapan kita akan tampak tiga sampai empat tirai air tipis, sementara di sisi sebelah kiri kita juga terdapat beberapa air terjun kecil, belum lagi di tebing yang mengapit pintu masuk ke lembah dimana Air Terjun Benang Kelambu ini berlokasi, terdapat pula beberapa air terjun mini. Jadi . . . aku gak salah kan kalau menyebutnya sebagai kumpulan air terjunย  ๐Ÿ˜›

IMG_BKL06

IMG_BKL05

Udara di sekitar lokasi air terjun ini aku rasakan lebih sejuk jika dibanding dengan di Benang Setokel karena memang posisi Benang Kelambu ada di atas Benang Setokel. Jadi dari arah Benang Setokel, kalau mau ke Benang Kelambu kita harus memanjat tebing di arah kiri kedatangan kita. Posisi jalur untuk memanjat itu kira-kira berjarak sekitar 50 meter sebelum kolam di bawah Air Terjun Benang Setokel. Jalan untuk memanjat tebing ini cukup sempit dan lumayan curam, jadi memang kita harus berhati-hati, apalagi kalau kesana pada musim hujan, karena pasti jadi licin. Begitu kita sudah sampai di atas, kita akan dihadapkan pada jalan setapak yang akan membawa kita ke Benang Kelambu, jalan setapak yang di beberapa bagiannya sudah berlapis semen ini bisa kita tempuh dalam waktu antara 30 menit sampai 1 jam. Di mulut lembah, dimana jalannya menurun cukup curam, sudah dibuatkan undak-undakan dari batu untuk mempermudah para pelancong yang datang ke situ. Mungkin karena jalannya yang lumayan melelahkan ini, makanya pada saat aku berkunjung ke Benang Kelambu, suasananya relatif lebih sepi jika dibandingkan dengan di Benang Setokelย ๐Ÿ™‚ .–

IMG_BKL08

Categories: Travel Pictures | Tags: , , , | 86 Comments

Post navigation

86 thoughts on “Thin natural water curtains in the wild

  1. Sunguh sangat indah, kalau bisa lihat langsung pasti berdecak kagum ya Chris. Pemandangannya spt lukisan๐Ÿ™‚ .

  2. Wow! The nature is so amazing!๐Ÿ™‚

  3. maravilha de jardim.

  4. wow … aku belum pernah lihat lho mas air terjun bertingkat dan berjejer jejer begitu, kamu beruntung mas bisa menikmatinya langsung๐Ÿ˜›

  5. Kayanya airnya nggak deras ya mas

  6. Very nice, but then I’ve come too expect only the very best from you.

  7. Ijo-ijonya bikin seger pak. Apalagi ngebayangin bisa ikutan mandi kayak tu anak-anak.

  8. wah…wah..wah…. cantiknya…
    ini bukan kelas Mall Om….

  9. Saya mau komentar di artikel yang ini, tapi setelah tahu kalau “pendahuluannya” ada di artikel tentang Benang Setokel, jadi saya komentarnya di sana saja yah, hehehe.

  10. mas chris, kalo liat yang ijo2 gini langsung ngersa beruntung banget ya secara kita tinggal di kota yang diliat bikin senep๐Ÿ˜ฆ. btw….fotonya bagus2 mas

  11. Bagus banget pak Air terjunnya. saya baru liat yang kayak gini, hihihi
    air terjun diantara tumbuhan-tumbuhan gitu terus air yang turun serasa kecil-kecil..โค

  12. izzysagenda

    Stunning photos, Chris๐Ÿ™‚

  13. What a beautiful place, Chris. It looks so green and cool. Your photos are really lovely.๐Ÿ™‚

  14. cantik…setuju kalau disebut benang kelambu…
    kain kelambu itu kan tipis halus…di fotonya jelas banget kesamaannya pak Chris..sukak..

    • Betul, Mbak. Malah kalau mau membayangkan bingkai tanaman itu sebagai jendela, akan kelihatan sekali kalau air terjunnya itu tampak seperti tirainya yang tipis.

  15. Komenku td gak masuk ya om? Cmn via hp nih๐Ÿ˜ฆ

  16. Klo buka postingan om chris via hp tuh lola bgt, ukuran fotonya gede2 yaa kyknya..
    Intinya td cmn komen suka bgt ma hijaunya, bikin mata jd seger..
    suka jg sama judul postingan ini, kreatif๐Ÿ™‚

    • Lelet karena kebetulan banyak gambar mungkin Bun. File-nya sih sudah aku kecilkan koq. Nanti aku kalau post lagi, aku coba lebih kecilkan lagi ya supaya gak berat.
      Anyway, terimakasih sudah suka. Iya memang ijonya bikin seger ๐Ÿ™‚

  17. Aneka keindahan dari Rinjani dan Segara Anakan ya Pak. Terasa sekali penyimpanan air oleh lebatnya pepohonan dan mengalirkannya melalui barisan tirai bertingkat. Duh semoga lestari alam nan cantik ini. Terima kasih selalu berbagi kekayaan keelokan alam ya Pak. Salam

    • Aku juga berharap bahwa keindahan alam ini tetap lestari dan jangan sampai dirusak demi keuntungan materi semata, Bu

  18. antik ya, setuju dgn mas chris kalo air terjunnya merupakan kumpulan air terjun๐Ÿ™‚ mesti bunyi gemerisik airnya gak kurang menyejukannya ya?

    salam
    /kayka

  19. What a beautiful playground of a Nature, so amazing !๐Ÿ™‚

  20. Joyful heart jumps like Jog falls
    wonderful location
    with regards

  21. It’s Eden’s garden. ๐Ÿ™‚

  22. melanie

    Hi Chris and thanx for these amazing pix from… Paradise!๐Ÿ™‚ They’ve reminded me of Yakushima Island-World Heritage-UNESCO(Japan) where I spent a week last year… I’ve just returned from Iceland, an Arctic paradise, too!๐Ÿ™‚
    – – –
    Greetings from Toulouse, France, my very best and good luck in all your endeavours… cheers, Mรฉlanie

    • Hi Melanie, thank you for commenting. I believe that Iceland is an Arctic Paradise, hope that I can enjoy the beautiful scenery through the pictures you captured when you were there ๐Ÿ™‚

  23. Great photos. It looks like an amazing place!

  24. Waktu di sana apa ada turis manca, indah sekali?
    Biar kata lebaran udah lewat dan kue2nya pada habis semua, masih dalam bulan syawal saya mau mengucapkan Selamat Idul Fitri 1434 H.. Mohon Maaf Lahir dan Batin

    nice blog๐Ÿ™‚

    • Maaf lahir batin juga, Mas ๐Ÿ™‚
      Sewaktu aku ke Benang Kelambu, di lokasi air terjun kebetulan gak ketemu turis manca negara, tetapi pada saat trekking di dalam hutan waktu menuju ke air terjun, aku berpapasan dengan dua turis wanita manca negara, yang sayangnya aku lupa tanyakan mereka berasal dari mana, padahal sempat ngobrol sebentar sembari melepas lelah.

  25. Cantik banget lokasinya Om..fotonya juga kren habis…sampai saat ini saya belum pernah untuk memotret air terjun om, pasti mengasyikkan yach om

    • Lokasinya memang cantik, Bli.
      Untuk memotret air terjun, buat aku memang mengasyikkan karena aku memang suka sama air terjun dan sungai ๐Ÿ™‚

  26. harumhutan

    masya allah….i want say this :

    its so beautifull and wonderfull and amazing..

    very unieq..

    *aduuh mata saya tak bisa mengerjap mlihatnya,diantara rimbunan daundaun mengalir air sungguh ini terlalu indah..baru ini liat..

    dan knapa anak laki laki kecil itu berwarna merah?phptpshop?
    aku liat seperti ghost gitu๐Ÿ˜ณ

    lombok emang bener bener yaa…

    • Soal anak laki-laki bercelana merah yang tampak seperti kabur itu, itu bukan karena photoshop, Mbak. Tapi kebetulan saat itu aku memotret air terjun dengan speed rendah, sementara si anak bergerak dengan relatif cepat, akibatnya kamera menangkap image yang setengah kabur begitu.

  27. Fotonya indah-indah ya… hijau sekali ^_^

  28. panas2 gini emang kece bgt ya kalo kesitu hihi

  29. JK Bevill - Lost Creek Publishing

    Reblogged this on lost creek publishing.

  30. Awesome !!!

  31. Oh my gosh, BEAUTIFUL. Canโ€™t imagine seeing this in person but your photographs are certainly the next best thing.

  32. Les images sont magnifiques, mais dรฉsolรฉe je ne comprend pas un mot d’anglais…

  33. kmrn abang spupuku foto prewed di air terjun ini mas……

  34. benar2 traveling sejati yah om criss se keluarga, mantaaapp๐Ÿ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: