Malibu . . ? No, it is Malimbu

On the way to Senggigi Beach from Lombok International Airport, travelers will surely pass through a road on a hill which is bordered by a higher hill on the left and the sea far below the road on the right. The area is called Malimbu Hill. Yes . . it sounds similar to the name of a beach area in The States, Malibu. The hill in here, however, has an additional letter “M” in its name. So . . . if Malibu is in The States, then Malimbu is in Lombok, Indonesiaย ๐Ÿ™‚

IMG_MLB01The hill is a perfect place to enjoy sunset, but it is also worth it to stop at any time other than sunset time, because the view from the hill is always lovely. Travelers can see the Three Gilis from there, and in a clear weather, even Mount Agung in Bali can be seen from Malimbu Hill.

Malimbu Hill is located in West Lombok District, quite close to Senggigi Beach and not too far from Mataram, the main city of Lombok. Unfortunately there are no proper hotels or restaurants on the hill area, only simple stalls sell bottled water, soft drinks, and local snacks. There are no public transport to go the hill either. Travelers who want to go to the hill should use taxi or rented car. Please bear in mind to ask the taxi driver to wait or else one should walk 7 – 8 kilometers to Senggigi where they can find public transports to Mataram or to any other places in Lombok.

IMG_MLB03Malimbu Hill is also inhabited by monkeys. Compared to the monkeys in Uluwatu, Bali, the monkeys in Malimbu Hill seems quite “civilized”. Many travelers give peanuts which can be bought in the stalls on the area. When in there, I saw some of them threw the peanuts to the monkeys, while many braver travelers gave the peanuts directly from their hands, which in return been received by the monkeys politelyย ๐Ÿ™‚

The pictures in here were taken on my way to Senggigi at noon. Unfortunately I didn’t have enough time to wait until sunsetย ๐Ÿ˜ฆ. Maybe next time I will visit the hill at sunset time to enjoy the magic moment when a day is closed.

 

Keterangan :

Dalam perjalanan dari Bandara Internasional Lombok ke Senggigi, ataupun sebaliknya, travelers pasti akan melewati jalan di lamping bukit dengan pemandangan laut lepas di salah satu sisinya. Pada sore hari, tempat ini pasti akan dipenuhi oleh mereka yang ingin menikmati saat-saat tenggelamnya matahari. Ya . . . tempat ini memang dikenal sebagai tempat yang sangat pas untuk menikmati sunset. Tempat atau bukit yang aku maksud di sini adalah Bukit Malimbu yang berjarak sekitar 7 – 8 kilometer dari Pantai Senggigi. Kedengarannya mirip dengan Malibu yang juga merupakan kawasan pantai dai Amerika sana ya? Katanya sih memang nama Malimbu ini terinspirasi dari Malibu itu. Betul tidaknya aku gak tahuย ๐Ÿ˜›

IMG_MLB02Meskipun merupakan tempat yang pas untuk menyaksikan tenggelamnya sang surya, bukan berarti di waktu-waktu lain pemandangannya menjadi tidak menarik. Aku sendiri berkesempatan mampir di tempat tersebut pas tengah hari, dalam perjalanan menuju Senggigi. Menurut aku, pemandangan dari atas bukit itu masih saja cukup menyejukan mata. Kita bisa melihat deretan Tiga Gili dengan jelas, bahkan kalau cuaca mendukung, kita bisa melihat Gunung Agung dari kejauhan. Sayangnya waktu itu aku tidak bisa menunggu sampai saat matahari terbenamย ๐Ÿ˜ฆ. Yah . .ย  mudah-mudahan lain kali aku masih berkesempatan balik lagi ke Bukit Malimbu untuk ikut menikmati senja yang indah.

Sepengetahuan aku, di Bukit Malimbu tidak terdapat hotel atau restoran yang lumayan, yang ada hanyalah beberapa warung kecil yang menjual minuman botolan ataupun makanan kecil, termasuk juga menjual kacang untuk monyet-monyet yang banyak berkeliaran di situ. Pengunjung tidak perlu khawatir, meskipun tidak bisa dibilang jinak, tapi menurut aku monyet-monyet di Bukit Malimbu ini sudah lebih beradab. Mereka tidak iseng seperti monyet-monyet di Uluwatu, Bali. Bahkan beberapa monyet bisa dengan sopan menerima kacang yang diulurkan pengunjungย ๐Ÿ˜€

Categories: Travel Pictures | Tags: , , , | 119 Comments

Post navigation

119 thoughts on “Malibu . . ? No, it is Malimbu

  1. wah …. hbs dr Lombok ya mas, meri aku๐Ÿ˜€

    itu lihat pohon kelapanya aku kok jd pengen menek ya mas sampai ke pucuknya terus motret di sana hihihi *ngayaltenan*

    beda ya mas sama monyet di sangeh , atau uluwatu Bali, nakal nakal๐Ÿ˜›

    • Sering menek kelopo to Mbak? Wah kalah aku๐Ÿ˜›
      Soal monyet, kalau menurut aku sih memang monyet di Malimbu lebih kalem Mbak

      • ndhisik mas pas iseh sekolah, tau menek kelopo hihihihi ning ra nganti pucukke mas, wedi:D

        knp kok bisa bgt ya mas ? apa krn keadaannya di sana lbh nyaman mungkin jd nggak nakal mereka ?

      • Kalau sekarang menek klopo lagi pasti dimarahin suami ya Mbak? ๐Ÿ˜†
        Aku gak tahu juga kenapa monyet-monyet di Malimbu ini lebih gak usil, Mbak. Mungkin karena populasinya tidak terlalu besar dan makanan cukup.

    • hihihi .. iya mas, suamiku itu sering nggak tegaan sama aku, jd kali dia yg akan dibela belain naik kelapanya buat ngambil klopo degan๐Ÿ˜€

      ada benarnya juga mas, kl makanan cukup buat apa nggratil ya sama pengunjung

    • iya mas, aku termasuk istri yg beruntung *GR*๐Ÿ˜›

      mas Krish juga pasti melakukan hal yg sama dgn bu Krish khan ya ?๐Ÿ™‚

  2. Bukit malimbu ini enak sekali buat bersantai-santai ya pak, pemandangannya juga ajib. Tampak asik jika sambil makan jagung bakar๐Ÿ™‚

  3. RMW

    The original Chumash (Indian) name for the town in the area now known as Malibu,in California was Humaliwo, meaning the Surf Sounds Loudly. I wonder what Malimbu means. Some archaeologists and/or anthropologists believe there may have been a connection between the master navigators of Indonesia and the Chumash Indians long before any European explored the area, as there are some parallels that could be explained by this meeting.

    • Well, that’s really interesting. I don’t know the means of Malimbu except the sayings that the name was derived from Malibu.

  4. Looks like paradise! ๐Ÿ™‚

  5. Great photos – I miss the beach – and funny title๐Ÿ™‚

  6. Lokasinya Sebelum Karang Bolong ya Mas Chris….kalau tidak salah ingat๐Ÿ™‚

  7. Saya sdh pernah ke Malibu, th lalu. Pantainya indah๐Ÿ™‚.
    Ke tempat yg byk monyet juga, terkadang muncul monyet yg agresif mungkin krn terlalu byk pegunjung.

    • Iya Mbak, sayang waktu itu waktuku sempit, jadi cuma berhenti sebentar di bukitnya dan gak turun ke pantainya.
      Monyet memang kadang ada yang agresif, tapi tetap tidak iseng seperti yang di Uluwatu, paling tidak itu yang aku lihat sih ๐Ÿ™‚

  8. Much beautiful than Malibu!!! Pure nature!!!!

  9. Muter terus Om…..
    Mantaaap

  10. Kaya Teluk Amed yah. Kerenn. Pengen nyemplung. Udah lama nggak main main di laut. Hmmmm….!

  11. wah mas…
    bikin pengen ke pantai. padahal baru hari senin…

  12. Keindahan dan kealamian Malimbu bagian pesona Lombok Barat nih Pak. Membaca postingan keragaan Bukit Malimbu ini akan mengundang banyak investor meliriknya (kalau beliau2 konsultasi dengan Pak Krish nitip pesan keselarasan alam nggih Pak….). Salam

    • Terus terang aku malah maunya kawasan itu tetap seperti sekarang Bu. Biarlah hotel dan restoran ada di kaki bukit saja, sehingga keselarasan alam masih bisa terjaga dan monyet-monyet yang bermukim di situ tidak tergusur oleh manusia

      • Sependapat Pak, batasan kawasan pembangunan hotel dan resto di kaki bukit (semoga bagian perijinan ketat dan konsisten ya), bagian atas untuk menikmati keindahan keselarasan alam. Salam

      • Harapannya ditambah dengan semoga tidak tergoda juga, Bu ๐Ÿ˜›

  13. Great photos!
    I hope to visit Indonesia one day. My friends at work often take vacation in Bali and am so jealous of their beach photos! Malimbu Hills is a stunning view! Thanks for sharing natural works to us. Well done!

    • Thanks.
      By the way, why don’t you make your friends jealous by showing them your beach pictures, either in Bali or in Lombok? I believe you can snap better pictures than your friends.

  14. Mas, selama ini aku mikir itu malibu loh hihihi. Untung baca ini. fotonya keren2 kayak biasanya. tapi aku mau cerita kalo taon 2009 des lalu aku kecelakaan di malimbu ini pas mau motret sunset. jatoh dari motor ( aku diboncengan ) trus mukaku yang sebelah kiri menghantam aspal ampe rusakkk gitu huhuhu. Untung sembuhnya tanpa cacat padahal rusak parah

  15. alamnya kelihatan masih sangat asri …

  16. I’d far prefer to visit Malimbu than Malibu. Beautiful – and monkeys would be a real draw, as well.

    • Hi Sid, how are you?
      Yup, Malimbu is more natural than Malibu, I think. More than that, you cannot meet any monkeys in Malibu ๐Ÿ™‚

  17. Even without the magic light your images are lovely Chris and tell a story of the beautiful location. As always, I appreciate your lessons in geography and getting to see the beauty of places I’ve never seen. Thank you! Blessings, Robyn

  18. Lucu monyetnya๐Ÿ™‚

  19. Such beautiful photographs, and I like your description of the monkeys and of sunset as the moment when “a day is closed”. Lovely! You have created such a wonderful blog–it must be so much work to make it fully bi-lingual. . . .thank you.

    • Thank you for your kind words Celia. Yes, I have more efforts to make it bi-lingual, but it will be paid off if the descriptions in my posts can be useful for the readers ๐Ÿ™‚

  20. om keren deh tmpatnya

  21. Wah monyetnya benar benar bersahabat, pasti menyenangkan bermain dengan mereka jadi tidak takut kalo ngambil barang barang kita seperti di Uluwatu ya…

  22. Beautiful pictures and place๐Ÿ™‚

  23. Kereeennn2 bangett semua hasil jepretaannya…mas… ijin liat2 boleh kn? ok…Support U…!!! Thanks to infonya…!

  24. Super Fotos!
    GruรŸ, Wolfgang

  25. Beautiful place, Chris. The monkeys look very tame.๐Ÿ™‚

    • Yes the place is beautiful. It is a perfect place to enjoy sunset too.
      As for the monkeys, yes I agree with you. They are quite tame.

  26. Pantai di Lombok bagus2 ya pak. Jadi pengen kesana juga nih

  27. aduh berhasil diapusi aku, asli saya akhirnya percaya aja nama daerah pantai dibagian ini Malibu mas chris. sempet sebetulnya meragukan dan nanya lagi, -masak sih namanya pantai malibu? ternyata Malimbu ya ha haha๐Ÿ™‚

    btw trims foto2nya mas rasanya baru kemarin aja balik dari sana๐Ÿ™‚

    kalo balik arah ke mataram lagi nyampe di ayam taliwang paling enak nih mas *gleg gleg sambil ngebayangin ayam pelecing, kangkung pelecing…*

    salam
    /kayka

    • He he he . . . ayam taliwang, pelecing ayam, pelecing kangkung, dan masih banyak lagi makanan khas Lombok, meskipun pedas tapi sedap dan ngangeni ya Mbak ๐Ÿ™‚

  28. That’s a great place to celebrate a vacation and I do love the monkeys !๐Ÿ™‚

  29. gorgeous. ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: