Dawn at the shore of Trawangan

IMG_TRW03Trawangan is the name of one among the three small islands located at the north west of Lombok Island, Indonesia, which known as the Three Gilis. The other two are Gili Meno and Gili Air. In the local tongue, the term “gili” means a small island. Each of the Three Gilis has its own characteristic, so travelers may choose which “gili” will be their destination based on the island characteristic; but there is one similar condition on both of the islands, there are neither cars nor motorcycles on the islands. To wander around an island, travelers can use the horse-drawn carriage called “cidomo“, by bicycles, or by their own foot.

As for the islands’ characteristic, Gili Air is known as an island for the honeymooners, Gili Meno is for them who like tranquility, and Gili Trawangan as the largest of the three is known as the island for the party-goers since almost every night there are always parties held by the local pubs located along the eastern shore of the island.

Anyway, I took these pictures from Gili Trawangan, where I stayed for a night in one of the hotel there. It is said that the name ‘Trawangan’ came for the word”terowongan” which means tunnel as there is a tunnel made by Japanese Army during the Second World War, who used the island as their post to defend Lombok from any enemy attacks came from the direction of the open sea.

IMG_TRW10Back to Gili Trawangan, travelers can reach the island in about 45 minutes by public transport boats from Lombok port, Bangsal. The fare of the public transport boat is Rp 10,000.– (approx. US$ 1.–) per person. Bear in mind, however, that the public transport boats only operate until 4.30 PM. Aside of that, the boat will not depart before the quota of 25 passengers are full.

Other thing that should take into consideration is that there are no proper ports in Bangsal and in Gili Trawangan; so it will be better for travelers not to wear shoes because everybody should walk in shallow water when they board to or disembark from the boat. Just place valuables in waterproof bags too, to avoid being wet by the sea water.

Once in Gili Trawangan, there are lots of activities can be done. Travelers can just lying lazily on the beach, snorkeling, diving, or just wandering around the island before joining the party at nightΒ πŸ™‚

 

Keterangan :

Foto-foto yang aku sertakan dalam postingan ini aku ambil di salah satu pantai di sisi utara Trawangan, atau mungkin lebih populer dengan sebutan Gili Trawangan, yang merupakan pulau terbesar di antara tiga buah pulau kecil yang terletak di barat laut Pulau Lombok. ketiga pulau kecil itu dikenal dengan sebutan Tiga Gili. Istilah “gili” sebetulnya merupakan istilah dalam Bahasa Sasak yang artinya “pulau kecil”

Ketiga gili ini memiliki karakteristiknya masing-masing lho. Gili Trawangan dikenal sebagai pulau bagi mereka yang suka berpesta karena hampir tiap malam pub dan cafe yang ada di Gili Trawangan ini secara bergantian mengadakan pesta; Gili Air dikenal sebagai pulaunya orang yang berbulan madu; dan Gili Meno merupakan pulaunya orang-orang yang sedang mencari ketenangan. Meskipun punya karakteristik sendiri-sendiri, ketiga gili itu memiliki satu kesamaan, yaitu bebas dari kendaraan bermotor. Karena itu, bagi mereka yang berkunjung kesana, sarana transportasi yang bisa dipergunakan hanyalah cidomo, sepeda, atau . . .Β  kakinya masing-masing, alias berjalan kaki.

IMG_TRW08Untuk mencapai Gili Trawangan, para pelancong bisa mempergunakan perahu yang berangkat dari Pelabuhan Bangsal di Lombok. Biayanya cukup murah koq kalau kita mau naik perahu angkutan umum, cuma Rp 10.000,– per orang dengan lama perjalanan 45 menit. Tapi perlu diingat juga bahwa baik di Bangsal maupun di Gili Trawangan belum ada dermaga yang betul-betul dermaga lho ya. Para penumpang harus masuk ke air yang dalamnya sekitar selutut untuk naik dan turun kapal angkutan itu. Jadi, sebaiknya sih gak pakai sepatu ya biar gak repot tiap mau naik atau turun dari kapal. Selain itu, barang-barang berharga mendingan dimasukkanm dalam tas kedap air deh, supaya gak rusak terkena air laut dalam perjalanan ini.

Kalau sudah sampai di Gili Trawangan, banyak aktifitas yang bisa dikerjakan. Jadi jangan jangan khawatir bakal bosan atau mati gaya di sana. Mau bermalas-malasan sambil berjemur di pasir pantai, bisa. Buat yang hobby snorkeling ataupun diving, siap-siap saja untuk mengagumi keindahan alam bawah air di perairan di sekitar ketiga gili itu. Buat yang mau keliling pulau dengan sepeda juga bisa. Sepeda dengan mudah bisa disewa dengan harga yang relatif murah di Trawangan. Nah . . . kala malam tiba, silahkan larut dalam kemeriahan pesta di salah satu cafe atau pub yang ada di sanaΒ πŸ™‚

IMG_TRW11

Categories: Travel Pictures | Tags: , , , | 92 Comments

Post navigation

92 thoughts on “Dawn at the shore of Trawangan

  1. Wow!
    Awesome pictures!πŸ˜€

  2. Beautiful! I’d like to visit these islands immediately!πŸ˜‰

  3. That looks nice!

  4. Beautiful pictures!

  5. such a beauty in colours and sights!

  6. Beautiful! Would so love to be there now.

  7. Waah super keren! konon katanya belum ke Lombok kl belum ke gili2 ini ya Mas..
    hoo..saya pikir pestanya dari penduduk lokal gt Mas Kris..haha

    • Ah masa sih ada ungkapan gitu? Aku terus terang baru dengar nih. Tapi memang gili-gili itu menarik buat pecinta pantai dan laut. Apalagi sekarang banyak gili-gili baru yang punya keindahan lebih alami yang juga mulai dikunjungi pelancong selain ketiga gili ini.

      • Haha iya Mas..Lombok terkenal dg Gilinya kan?..saya aja tahunya kalau Lombok = Gili Trawangan, Pantai Senggigi atau Rinjani..
        Banyak gili lain yaa..sempat ke sana juga Mas?

      • Memang sih Lombok terkenal dengan gili-gilinya yang indah. Kemarin itu aku cuma sempat menginap semalam di Trawangan dan gak sempat ke gili-gili lainnya karena memang sasaranku kemarin itu sebetulnya memang bukan ke gili. Mungkin next trip. Ada beberapa gili yang sekarang mulai populer juga seperti Gili Nanggu, Gili Sulat, dan juga Gili Lawang yang masih lebih alami jika dibandingkan dengan Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air.

  8. aduuuh, melotot terpesona deh lihat foto2nya

  9. wah .. mau dong mas snorkling di sana, bersepeda berkeliling juga, bakalan lupa waktu yaπŸ˜›

    foto foto cantik di atas hasil absen ngeblog kemaren ya mas ?πŸ˜‰

    • Iya Mbak, kalau sudah disana memang bisa lupa waktu. Bersepeda keliling juga menyenangkan meskipun di beberapa spot akan sangat berat karena medannya berpasir tebal. Maklum trek sepedanya di beberapa tempat itu hilang tersapu ombak, jadi kita harus bersepeda di atas pasir pantai.
      Hal lain, Mbak Ely betul, foto-foto ini dan beberapa postingan ke depan merupakan hasil dari absen ngeblog kemarin itu πŸ˜€

      • wah .. hrs dituntun dong mas sepedane kl bgt, tapi buat penggemar sepeda spt kami ya tetep asyik waeπŸ™‚

        wah … bakalan byk foto foto cantik yg muncul nih, ditunggu ya masπŸ˜›

      • Betul Mbak, di beberapa tempat itu harus dituntun, itupun masih terasa berat karena roda sepeda terbenam dalam pasir

    • khan ada suamiku mas, kalau berat pasti dia yg angkatπŸ˜›

    • hihihi …kok jd kayak adegan di film sih mas ?πŸ˜›

  10. i knew from the pic, it’s u,chrisπŸ˜€

  11. iya, LANGIT!
    tengs ya chris..

    ejie suka banget foto yang urutan:
    – no 2 dari atas. alesan, perahu yang sendiri tak benar2 sendiri, karena ada guratan awan dan sinar matahari yang menemani dan mencerahkannya, chris…
    – foto dgn deretan gazebo, kokoh ya wlw diterjang ombak. mereka juga ngga merana, karena, ditemani akar-akar disana. teman ngobrol. hhaπŸ˜€
    – foto terakhir adalah poin dari semuanya, menurut ejie. bayangkan…. duduk disana menikmati mentari (sunset kah?) ditemani semilir angin yg menerpa anak rambut. minum es kelapa dan cukup memandang kejauhan saja (bisa nangis saya!), romantic time for me…..πŸ™‚

    *kebanyakan ngayal dan ingin bahagia

    • Sama-sama, Jie.
      Wah jadi romantis nih Ejie. Tapi kalau lagi minum es kelapa jangan nangis, Jie, nanti manisnya berkurang karena kecampur air mata πŸ˜€
      Anyway, foto-foto ini aku ambil saat sunrise. Yang sunset nanti aja kapan-kapan di post-nya.

  12. Oh mai JODDDD! Kerennn. Snorkeling nggak mas?

  13. Wah bagus sekali Gili Trawangan! Jadi pingin kesana. Kalo libur lebaran kira2 rame ga ya?πŸ˜€

    • Kayanya sih bakal rame. Kata orang-orang di situ peak season akan mulai pertengahan Juli karena berbarengan dengan summer vacation. Jadi turis manca negara akan semakin banyak, belum lagi ditambah dengan turis dalam negeri yang juga sudah masuk masa libur panjang.

  14. Mas, aku suka bgt foto kedua n terakhir. Itu gak di edit kan? Kereeeeeen

    • Terimakasih sudah suka Mbak πŸ™‚ . Kalau pengertian di editnya itu ditambahin sesuatu, ya foto-fotoku gak ada yang ditambahin. Paling cuma main contrast dan cropping.

  15. wow !! wonderful

  16. itu bekas hutan bakau atau apa ya mas, koq banyak akar yang mati gitu?

    • Kayanya memang sisa tanaman bakau yang sudah mati karena tanahnya kena abrasi

      • Wah bisa habis nanti itu kalo liat ombaknya yang lumayan besar gitu,

      • Di sekitar situ memang sudah gak ada lagi sih Mas, karena di bibir pantainya sudah banyak hotel dan pub, makanya pantainya juga lumayan parah terkikisnya tuh

  17. Mas Chris, salam kenal ya. Saya sdh pernah kesana. Cerita dunia bawah lautnya (ikan, terumbu karang) juga bagus2 banget lho……

    • Salam kenal juga Mas Wahyu, senang bisa memperoleh seorang teman baru lagi di sini πŸ™‚
      Betul, alam bawah laut di perairan ketiga gili itu sangat indah

  18. Pangabadian paduan gelora laut dan gulungan awan luar biasa indah melalui kepiawaian Pak Christ….
    Secara santun indah pak Crist menyampaikan pesan dari akar bakau terjungkat yang mendamba lahan berjangkar yang terkikis abrasi….
    Terima kasih Pak selalu berbagi keelokan foto bercerita bagi kami pembaca.
    Salam

    • Terimakasih, Bu. Selalu menyenangkan membaca komentar Bu Prih yang untaian katanya terangkai dengan indah

  19. 2 tahun lalu saya pertama kali ke Lombok, suami dan saya perginya ke Gili Nanggu, karena suami tidak suka tempat yang terlalu hingar bingar. Sebenarnya saya maunya ke Gili Trawangan lebih bagus, lokasi tersebut lebih terkenal di Manca negara ketimbang pulau Gili lainnya.
    Oh ya Chris pada foto-foto diatas, ombaknya terlihat menyeramkan, saat itu apa sedang musim air pasang?.

    • Memang Gili Trawangan lebih terkenal Mbak, karena fasilitasnya juga relatif lengkap di sananya. Tapi Gili Nanggu juga gak kalah indahnya bukan?
      Soal ombak, iya Mbak, pas aku ambil foto-foto itu pagi hari dan kebetulan laut lagi pasang. Mungkin terpengaruh bulan yang sedang purnama juga pada waktu itu

  20. Pertanyaan OOT nih pak, foto2 diatas sudah diedit sedemikian rupa atau asli jepretan pak? Kok mirip sekali dengan lukisan ya

    • Itu asli jepretan, Mbak. Cuma memang kontrasnya aku naikkan dalam usaha untuk bisa mencapai keadaan yang mendekati apa yang aku lihat di lokasi.

      • Oh gitu ya pak. Terbayang berapa nilai kamera yang pak chris pake. Dan berapa panjang moncong kameranya.
        Saya cukup puas dengan kamera mirrorlessπŸ˜€

      • Ah aku pakai kamera kuno koq Mbak, dan lensanya juga lensa standar. Itu kebetulan aja obyek yang terekam memang indah πŸ™‚

  21. Semoga daku bisa ke sini lagiπŸ™‚

  22. salah saya… salah blog walk ke sini…
    itu pantainya… indah banget.

  23. WOW, amazing….ini keinginanku selanjutnya(padahal ada kawan diLombok, sudah mengajak berkali-kali kesini) tapi waktunya belum ada…bener-bener nice momen

  24. Totally love the last picture! Romantic!

  25. wadow gila keren banget jepretannya om.πŸ™‚

    • Terimakasih Mas. Itu kebetulan memang alamnya lagi menunjukkan keindahannya. Aku cuma berusaha menangkap pakai kamera πŸ™‚

  26. keren fotonya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: