Mixed architectural styles in a single mosque

It is very easy to find any kind of mosques in Indonesia. For me, however, there is one particular mosque that I want to visit. It is the biggest mosque in Central Java, and located in Semarang. The mosque is called Masjid Agung Jawa Tengah (the Great Mosque of Central Java). So, when I went to Semarang recently, I decided to visit the mosque. It was the sayings that the mosque was so grand and so beautiful with its mixed architectural styles that intrigued me. Mixed architectural styles? Yes, it has three architectural styles instead of the usual only middle-east architectural style. The whole area of the mosque bears the Javanese, Middle-East, and also Greek or Hellenistic architectural styles.

IMG_CJM03

Let’s see at the main building. The roof of the main building is similar to that of a traditional noble Javanese house (“joglo“) roof style which symbolize rising steps to the heaven. All doors and windows in the building are also influenced by classical Javanese style doors and windows. On top of the Javanese style roof of the main building, there is a big dome with four minarets at each corner, which definitely is a middle-east style structure. In front of the main building, on an open area, there are Greek style arches on top of 25 purple pillars decorated with Arabic calligraphy. So, do you see the mixed styles that I mean?

Between the main building and the pillars, there are 6 giant hydraulic umbrellas which are inspired by the ones in the Nabawi Mosque in Medina. The giant umbrellas will protect the worshipers from rain as well as from the heat of the sun.

At that time, I was lucky enough to have a friend escorted me to enter the main building so I got a relatively complete portrayal of the whole compound, both outside and inside the main building. The main building is the place for worship. It was so serene. The ceiling is pretty high to ensure a good air circulation and make the room temperature not too hot. At the back of the prayer hall, there was a hand written big Quran and also an old big drum.

Outside the main building, at the south-west corner of the main area, there is a 99 meters high tower called Asmaul Husna Tower, while on the other side, at the south-east corner, there is a Javanese style structure housing a big drum.

a view from the top of Asmaul Husna Tower

a view from the top of Asmaul Husna Tower

Nowadays, the mosque that was built in 2002 and inaugurated in 2006 become one of Semarang’s point of interests.–

 

Keterangan :

Sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia, akan sangat mudah untuk menemukan berbagai jenis masjid di Indonesia. Tetapi, untuk aku, ada satu masjid yang sangat ingin aku kunjungi gara-gara aku terpancing dengan berbagai informasi mengenainya yang mengatakan bahwa masjid ini merupakan masjid terbesar di Jawa Tengah selain juga punya keindahan tersendiri karena bangunannya memadukan unsur-unsur bangunan bergaya Jawa klasik, Timur Tengah, dan juga Yunani. Masjid yang aku maksud itu terl;etak di Semarang, dan terkenal dengan nama Masjid Agung Jawa Tengah.

Kalau kita lihat, dengan mudah kita bisa menengarai gaya atap rumah Joglo yang merupakan bangunan khas Jawa pada atap masjid. Demikian pula pintu dan jendela yang terdapat di sana semuanya terinspirasi dari bentuk pintu dan jendela bangunan khas Jawa. Di atas atap bergaya Joglo itu, terdapat sebuah kubah yang dilengkapi dengan empat buah menara di keempat sudutnya yang jelas-jelas merupakan gaya bangunan di Timur Tengah seperti yang banyak terdapat di masjid-masjid lain juga. Sementara itu, di ruang terbuka di depan masjid, selain terdapat kolam air mancur, juga terdapat pilar-pilar berwarna keunguan dengan lengkungan di atasnya yang mengingatkan kita akan bangunan-bangunan bergaya Mediterania atau mungkin bisa kita sebut bergaya Yunani. Lengkungan-lengkungan tersebut diperindah dengan kaligrafi tulisan Arab di sepanjang tepiannya. Jumlah pilar yang menyangga lengkungan itu ada 25 (dua puluh lima) buah yang menggambarkan jumlah Nabi dalam Islam.

Di antara bangunan utama masjid dengan pilar-pilar itu, terdapat 6 (enam) buah payung raksasa yang beroperasi secara otomatis ketika hari hujan atapun jika panas dirasa cukup menyengat dengan tujuan agar kekhusyukan doa umat yang bersembahyang di pelataran masjid tidak terganggu. Jumlah payung yang enam buah itu menggambarkan enam Rukun Iman dalam Islam.

Bangunan utama di kompleks tersebut adalah ruangan masjid yang cukup luas dengan banyak jendela dan berlangit-langit tinggi, sehingga meskipun udara di luar panas, udara di dalam masjid relatif sejuk. Di sudut belakang ruangan masjid, terdapat sebuah bedug tua yang berukuran cukup besar, sementara di dekat pintu masuk, terdapat sebuah Kitab Suci Al Quran berukuran besar yang keseluruhan isinya ditulis tangan oleh H. Hayatuddin dari Wonosobo.

Di luar masjid, di ujung tenggara pelataran masjid, terdapat sebuah bangunan kecil bergaya Jawa juga dimana terdapat sebuah bedug seperti umumnya terdapat di masjid-masjid lain juga. Sementara itu, di sisi lain, yaitu di ujung barat daya, terdapat sebuah menara setinggi 99 meter yang disebut Menara Asmaul Husna. Ketinggian menara sengaja dibuat 99 meter sebagai lambang 99 Nama Allah.

Masjid Agung Jawa tengah yang dibangun sejak tahun 2002 dan diresmikan pada tahun 2006 ini sekarang menjadi salah satu tujuan wisata religi di Jawa Tengah, khususnya Semarang. Hampir setiap hari selalu ada saja bus maupun kendaraan lain yang membawa rombongan demi rombongan yang berkunjung ke masjid ini. Tertarik berkunjung kesana juga?

IMG_CJM22

Categories: Travel Pictures | Tags: , , , | 79 Comments

Post navigation

79 thoughts on “Mixed architectural styles in a single mosque

  1. Not so beautiful like Taj Mahal (in my opinion), but it’s amazing too!πŸ™‚

    Nice photos!πŸ˜€

  2. RMW

    Spectacular building. I am always intrigued by mixed styles of architecture and how they blend together. Thanks for describing it so well… and for the beautiful photos.

    • Thank you. Glad to know that it is not only me that always intrigued by mixed architectural styles πŸ™‚

  3. Wowwwwwwww .. cantik sekali mas, terakhir nginep semalam di Semarang blom sempat mengunjungi , padahal kalau liburan ke kampung pasti dilewati, yang dr atas itu mas cantik sekali ya, pokoknya kalau mas Chris yg motret pasti hasilnya bikin yg melihat berdecak kagum dehπŸ™‚

    • Nah kalau gitu, kalau pas mudik lagi disempatkan mampir, Mbak. Kan lokasinya on the way ke Kudus πŸ™‚

      • iya mas, Insya Allah nanti diusahakan ke sana, soalnya sering jg nginep di semarang, sering melewati juga kah mas di sana ?

      • Aku sih jarang banget, Mbak lewat sana. Kemarin itu kebetulan ada acara di Semarang, trus aku sempatkan berkunjung ke masjid ini sorenya.

      • Bangunannya sungguh cantik ya mas, kebayang ntar kl bisa mengunjungi ke sana, pasti nggak bosen motret deh, apalagi kl membidiknya dr atasπŸ˜›

      • Betul, Mbak. Kalau dari atas dan pas cerah, pemandangannya cukup indah. Selain bisa memotret masjidnya, juga bisa memotret pemandangan di sekitar masjid, bahkan lautpun kelihatan.

    • iya mas, pasti bisa dpt byk foto cantik kl motret dr atas, berarti dekat bandara juga ya mesjid ini mas ?

      • Kalau dibilang dekat, ya gak juga Mbak. Justru kalau Mbak Ely mau pulang kampung, harusnya lewat jalan yang dekat dengan masjid ini.

  4. What an amazing building that combines so many different elements of style. You are a talented photographer in capturing the feeling and bringing the viewer into the actual site.

  5. Mas Krish, foto2nya keren banget. Aku pernah masuk ke Masjid ini, tapi waktu itu belum ngeblog, apa lagi belum ngeh tentang dunia potret memotret. Jadinya pengalamannya lewat begitu saja. Rugi banget deh..πŸ™‚

  6. interesting building, although, I am sure if one has an architectural background, he/she will be confused of the architectural style.
    Anyway, great pictures, and how did you get that aerial view?

    n.

    • Fortunately I don’t have architectural background, so I’m not confuse πŸ™‚
      As for the aerial view, I took it from the top of the Asmaul Husna Tower. There is a viewing deck on the top floor.

      • Chris,
        I am not blaming you, it’s only the architecture critic in me, as I am the one with architectural background. However, having said that, I would like to visit this mosque though.
        Anyway, check out my post on Allepo’s Grand Mosque, ( http://ninstravelog.wordpress.com/2013/04/26/the-great-mosque-of-aleppo/ )great architecture since the 8th century AD, but destroyed due to human greed.
        Cheers,
        N.

      • Take it easy, Nin. I even didn’t think about that πŸ™‚
        And I’ve already checked out your post about Allepo Grand Mosque. You are so fortunate that you have already seen the great structure when it was still intact.

  7. mantap Om reportase dan gambar-gambarnya.
    Spot sejuta umat tetap selalu ada

    • Spot sejuta umat gak bisa dihindari, Dhave. Kadang-kadang asyik jeprat-jepret, eh ternyata yang diambil spot itu-itu juga πŸ˜›

  8. Aku sekali kesini tp panassssss bgt hehe. Jd cuman numpang shalat

    • Pasti kesananya siang ya Mbak? Kalau siang memang panas banget, harusnya kesana pagi atau sore, selain gak terlalu panas, juga pengunjung gak terlalu penuh.

  9. masjid ini juga terlewat , belum dimampiri pas ke Semarang..
    jadi mengen2i nih lihat foto2nya

    • Iya Mbak, perlu atur waktu kalau mau berkunjung ke tempat-tempat yang menarik. Semarang sebetulnya punya banyak tempat menarik untuk dijelajahi.

  10. keren mas!

  11. Wow these are amazing shots of the mosque

  12. Wow! Amazing. Solat jumat di sini enak kayanya. Lho?

  13. metamocca

    WowπŸ˜€

  14. Itu poto dari atasnya dipoto dari mana, Mas? Keren banget!

    • Foto yang dari atas itu aku ambil dari lantai paling atas Menara Asmaul Husna, Mbak. Ada lift yang melayani pengunjung yang mau naik ke atas koq.

  15. Stunning pictures… as usual…πŸ˜€
    – Ditunggu serial foto2 keren kota Semarang lainnya –

    • Maturnuwun, Mas.
      Foto Semarangnya sementara sudah habis. Itu kemarin kebetulan aku ada waktu setengah hari di Semarang makanya sempat motret masjid. Harus atur waktu jalan kesana dulu lagi, Mas πŸ˜€

  16. Beautiful post Chris. I always learn so much from you! You captured the variations in architecture beautifully! Blessings, Robyn

    • Thank you, Robyn. Actually, it is me who learn from you. Your pictures always have elements that add something special to them.

  17. Cakeep.πŸ™‚

  18. Sangat membumi, ya pak Chris. Arsitektur yang menyesuaikan diri dengan kondisi dan kebudayaan lokal… Indah sekali..

    • Betul, Mbak. Dan kalau kita mau jeli, diberbagai daerah selalu saja ada yang seperti ini. Memadukan dengan kondisi dan budaya lokal.

  19. Mantap ya, di Jawa Tengah ada mesjid besar dan seindah ini, semoga saja jamaahnya juga ramai,, Aamiin..

    • Yang aku dengar sih memang jamaahnya cukup ramai, Mas, apalagi juga ditambah dengan para peziarah yang berasal dari kota-kota lain, bahkan juga dari luar negeri.

  20. Foto-foto karya Pak Krish jaminan indahnya dilengkapi penjelasan sangat menarik. Semarang dan sekitarnya menunggu Pak Krish dan teman2 tuk mengeksplornya. Saya berkunjung baru sekali…. Trim Pak tuk publikasikan Jawa Tengah. Salam

    • Terimakasih Bu Prih untuk apresiasi dan dukungannya. Memang kalau mau dieksplor, masih banyak tempat menarik di Jawa Tengah. Mudah-mudahan sekali waktu nanti juga bisa sekalian berkunjung ke tempat Ibu.

  21. toemailer

    Love it!πŸ™‚

  22. Informasinya detil sekal pak.

    • Terimakasih, Mbak. Sebetulnya ini gak terlalu detil koq, masih banyak data lain yang bisa disajikan sebenarnya.

  23. Baru lihat yang sebenarnya lewat PC…jadi berpikir yang bagus Masjidnya atau yang motret ya ?!

    *bolak balik putar kursor ke atas ke bawah ke atas ke bawah*

  24. Reblogged this on honeyviscous.

  25. Wah indah sekali. Bangunan dibangun jaman Milenium kelihatannya seperti banguan bersejarah jaman bahela.

    • Betul, Mas. Sayang waktu aku kesana payungnya lagi tertutup. Kalau terbuka rasanya pasti lebih indah.

      • Pawang hujannya kenceng berarti ya.

      • Biasanya payung dibuka kalau pas sholat Jumat ataupun sholat Ied yang umatnya banyak dan kebetulan hujan atau panas terik sih Mas. Kemarin itu aku kesana sudah sore dan masjid relatif sepi.

  26. Waaaahhh bagus bener, baru tahu kalau Semarang punya masjid seindah ini. Kalau ke sana harus jadi agenda wajib kayaknya. Foto-foto yang mantap pakπŸ™‚

    • Betul Kang, jangan sampai dilewatkan. Kalau pas kesana, usahakan juga naik ke menara supaya bisa menikmati pemandangan sekitar masjid dari ketinggian.

  27. Sweet you,

    I’ve an award for you, for the person who you are and the things you share with the world
    http://summer4soul.wordpress.com/2013/06/10/peace-is-a-free-choice-so-is-this-award/

    Thank you for that..

    NamastΓ©, Summer

  28. You got some fantastic shots of this beautiful structure.πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: