A hidden waterfall

IMG_cpt01

Once I heard about a small but beautiful waterfall known as Curug Ciputri or Ciputri Waterfall, which is located not too far from the Java North Coast main highway. So when I happened to pass near the area last year, I tried to visit the waterfall. Unfortunately, when I asked for the exact location, nobody could give me the direction. So my first attempt to reach the waterfall was a total fail 😦

Several months after my first attempt, luckily I’ve got a new friend who was born in the area, thus he knows exactly the location of Curug Ciputri. So, with him as my guide, my intention to see the waterfall was fulfilledΒ πŸ™‚

Curug Ciputri is located close to a small town called Cigugur, and actually easily reachable by car. The waterfall itself can be reached after about 15 minutes walk through a light pine forest from the parking lot. There is also a camping ground nearby which called Palutungan.

The temperature in the area is quite cool all year long, because it is located about 1,100 meters above sea level. And since not many know about the place, except the local people, the visitors of the place dominated by the people who lived nearby. When I visited the place, aside of my friend and myself, there were only a few people been seen at the waterfall area.

It is said that the name Ciputri was given to the 12 meters high waterfall because when it’s raining lightly, people can often see a beautiful rainbow over the waterfall. They believe that the rainbow is the path taken by goddesses who want to take a bath at the pond under the waterfall. Ciputri can be translated as the water that used by goddesses (β€œci” from Sundanese term β€œcai” means water, and β€œputri” which can be translated as beautiful girl or a princess).

 

Keterangan :

Tidak jauh dari Jalur Pantura, tepatnya di daerah Kuningan, terdapat sebuah air terjun yang katanya belum banyak dikunjungi orang. Air terjun itu dikenal dengan nama Curug Ciputri. Cuma sayangnya, kira-kira setahun lalu ketika kebetulan aku beredar di daerah situ aku gak bisa menemukan lokasinya. Beberapa orang di Kuningan ketika ditanya cuma bisa geleng-geleng kepala karena mereka tidak tahu. Untungnya beberapa bulan kemudian, kebetulan aku mendapat kenalan baru yang lahir di derah situ dan tahu persis tempatnya. Ternyata letak air terjun itu di Kecamatan Cigugur, kira-kira masih setengah jam berkendara lagi menuju selatan dari arah Kuningan. Jadilah dengan diantar kenalanku, terlaksana juga niatku untuk melihat air terjun iniΒ Β (*horeeeee*)Β πŸ™‚

IMG_cpt02

Lokasi Curug Ciputri berada dalam satu kawasan dengan Bumi Perkemahan Palutungan. Untuk menuju air terjunpun cukup mudah. Dari tempat parkir kendaraan, traveller bisa berjalan melalui jalan setapak yang menembus hutan pinus sejauh kira-kira 15 menit. Jalannya cukup landai, kecuali di bagian ujung yang sudah mendekati sungai yang menjadi aliran terjun. Di situ jalannya menurun relatif curam. Di musim penghujan, traveller harus ekstra hati-hati kalau berkunjung ke Curug Ciputri karena jalan setapak yang masih alami itu menjadi licin.

IMG_cpt03

Curug setinggi kira-kira 12 meter itu mendapatkan namanya karena konon kalau gerimis turun pada siang hari kerap muncul pelangi di atas air terjun itu. Menurut kepercayaan setempat, itu pertanda para bidadari turun untuk mandi di kolam yang ada di dasar air terjun itu. Cerita lain yang lebih menyeramkan, mengatakan bahwa air terjun itu sampai sekarang ada penunggunya berupa seorang putri cantik. Itu juga sebabnya masih ada saja orang yang datang ke situ pada hari-hari tertentu bukan untuk berwisata melainkan untuk maksud-maksud lain.

Categories: Travel Pictures | Tags: , , , | 102 Comments

Post navigation

102 thoughts on “A hidden waterfall

  1. suka sama hutan pinusnyaaa!

  2. metamocca

    untuk maksud-maksud lain tu contohnya apa, Om?πŸ˜€

    • Oh itu, ada orang-orang yang percaya kalau keinginan mereka bisa terkabul kalau mandi di bawah air terjunnya gitu πŸ™‚

  3. It is so beautiful that seems unreal !!! The water fall is a painting, a mist, strolling by the water!!! Beautiful.

  4. Spectacular scenery!

  5. Bersih kayanya ya. Ada bidadari mandi kah? Jelajah curug/air terjun di kaki Gunung Salak yuk mas.

    • Di dekat air terjunnya masih lumayan bersih, tapi di aliran sungai agak ke bawah dan dekat camping ground sih lumayan kotor 😦
      Btw, itu ke Gunung Gede aja belum jadi, Jat. Tuh gw ditanyain teman-teman karena katanya gw yang ngadain πŸ˜•

  6. Kecil tapi bersih ya mas. Moga2 bisa begitu trus

    • Iya, dekat jatuhnya air memang masih bersih. Tapi agak ke bawah mulai banyak sampah, Mbak😦

      • Grhhhhh kalo udh bny org datang makin jorok lagi tuh mas, sedih

      • Iya Mbak, apalagi di situ kan ada camping ground juga. Kalau lagi banyak yang camping di situ pasti deh makin banyak sampahnya 😦. Makanya kadang-kadang jadi serba salah; di satu sisi pengen suatu daerah maju dengan potensi pariwisata yang mereka miliki, tapi kalau sudah maju pastilah lingkungannya jadi rusak. Kalau dibiarkan apa adanya, lingkungan bisa terjaga, tapi daerah itu kemajuannya lambat 😦

  7. Thank you for the beautiful photographs and the nicely told story, Chris! I enjoyed both. Regards from Stefan

  8. Interesante relato con unas bellas imΓ‘genes.
    Que tengas una feliz jornada

  9. bagus banget….

    ckckck… asli kayak bukan di indoπŸ™‚ eh

  10. I could almost feel the mist in the air! Beautiful shots, Chris.

  11. Keren gila, kaaaaak!! Superb!

  12. RMW

    A magical place, indeed.

  13. wow, setting kameranya luaar biasa…kalo tulisan en informasinya mah tak usah di ditanyaπŸ™‚

  14. What a great place, it really appeals to me! Thanks for the story and photos. πŸ™‚

  15. Truly a peaceful paradise.

  16. Simply beautiful Chris.

  17. What a magical place to visit. Thanks for sharing your pictures with us.

  18. waaah fotonya bagus-bagus mas, salam kenal sesama seniman foto jugaπŸ™‚

    • Salam kenal juga, Mas Yos. Senang bisa kenalan sama Mas.
      Ngomong-ngomong aku bukan seniman foto koq, cuma tukang jepret yang kebetulan nemu obyek bagus di saat yang pas πŸ™‚

  19. Sooo beautiful!!

  20. wow .. foto foto yg air terjun benar benar seperti lukisan ya masπŸ˜›

    • Masa sih, Mbak? πŸ˜›

      • iya mas, aku belum bisa deh bikin foto seperti itu, perlu kursu nih sama kamu masπŸ˜›

      • Ah itu kan memang tempatnya yang memang bagus, Mbak, bukan fotonya πŸ˜€

      • wah .. mas Krish suka merendah, tentu saja yg motret berperan besar dlm hal ini masπŸ˜›

      • Mbak Ely gak salah, memang yang motret berperan sih, yaitu memindahkan keindahan yang tersaji di alam ke media yang akan dipergunakan untuk membagikan keindahan itu kepada orang lain melalui jepretan kamera πŸ™‚

  21. Interesting and wonderful scenery!πŸ™‚

  22. air terjun selalu memikat …apalagi ini bersih betul cantik pula..
    terima kasih foto2 cantiknya ya, jadi pengen main ke situ

    • Setuju, Mbak. Makanya kalau kebetulan lagi jalan ke suatu tempat yang ada air terjunnya, selalu aku usahakan untuk mengunjunginya, meskipun tidak selalu berhasil menemukannya ataupun bisa datang di saat yang tepat.
      Terimakasih juga sudah menyempatkan berkunjung ke sini πŸ™‚

  23. Thank you for this, so beatiful place and beautiful pics!

  24. Beneran ada bidadarinya di sana kali ya Chris karena lokainya indah sekali. Sekilas saya kira di LN ternyata ditanah air tercintaπŸ˜‰.

    • Mungkin bener dulu ada bidadarinya yang mandi di situ, tapi sekarang gak datang lagi karena sudah mulai banyak yang datang ke situ, Mbak πŸ˜€

  25. Di tangan mas Chris semua panorama tambah ciamik… sukaa..πŸ™‚
    – Minggu ini hunting kemana mas ? –

    • Matur nuwun, Mas Bams.
      Minggu ini gak hunting,Mas. Lagi punya PRπŸ™‚
      Have a nice day!

      • PRnya dah selesai mas?πŸ˜€
        cantik fotonya…
        slow speednya gimana mas settingnya

      • He he he . . . PR-nya gak akan pernah selesai, cuma frekuensinya aja yang bisa berkurang πŸ˜€
        Settingan slow speed biasanya aku pakai semi otomatis. Jadi aku set lamanya waktu rana terbuka, biar kamera yang menentukan aperture-nya.

      • ooo gitu.
        kirain setting manual full.πŸ˜€

      • Gak, Mas. Terlalu ribet untuk setel ini itunya. Waktu itu aku nguber waktu juga karena sudah mendung dan juga aku lihat serombongan orang menuju ke curugnya. Kalau kebanyakan orang bisa-bisa malah cuma motret orang bukan motret curug πŸ˜›

      • sekarang saya setiap melihat air ingin fotonya seperti mas. :d aliran airnya.
        pernah dikasih lihat teman pas dia ke curug juga… keren abis.
        sejak itu sering bermain-main dengan air di sekitaran rumah juga. hahahaha.

      • Emang seru kalau moto aliran air, Mas. Aku juga sekarang jadi suka nyari curug kalau pas jalan kemana-mana. Selain selalu beda lingkungannya, juga penasaran untuk ngatur speed-nya supaya bisa dapat hasil yang bagus. Maklumlah tiap sungai dan curug kecepatan aliran airnya berbeda-beda, jadi pengaruh juga ke hasil foto yang kita dapatkan.

      • iya ya?
        belum pernah ke curug utk foto alirannya.πŸ˜€
        sekalinya ke curug, ujungnya fotoin teman. hahaha

      • Nah itu salah satu alasan kenapa aku sering gak mau rame-rame kalau pergi ke suatu tempat, akhirnya jadinya motoin temen πŸ˜€

      • hahahaha. iya tuh. yang pegang kamera harus…πŸ˜€

      • Nasib yang bawa kamera yah πŸ˜†

      • hahaha. tapi saya juga memang lebih suka di belakang kamera sih daripada di depan kamera.πŸ˜€

      • Iya sama, Mas. Makanya foto yang ada akunya merupakan barang langka πŸ˜€

  26. slowwww speeednya bikn meriang bener Om….

    • Ha ha ha . . . kalau meriang harus minum obat, Dhave πŸ˜€

      • obatnya larutan penyegar cap KAKI TIGA yang atasnya dikasih kamera.. seting bukaan sesempit mungkin dan waktu sepanjang mungkin…. hihihihiπŸ˜€

      • Ha ha ha . . . betul itu. Itu obat paling pas buat meriang akibat slow speed πŸ˜€

  27. ciao! paradise found…great shots.
    thebestdressup!

  28. Saya pernah dengar nama Curug Ciputri. Tapi ini baru bisa lihat langsung di foto hehe. Ternyata ada mistisnya juga hmmm

    • Iya, hampir di semua tempat, apalagi di tempat-tempat yang masih sepi, pasti timbul cerita-cerita berbau mistis πŸ™‚

  29. di sumut juga banyak tempat2 bagus yg nyempil gitu.. hehe tapi saya gak punya kamera. pake hape jd burem.. wkwkwk

    nice pic Om…πŸ™‚

    • Iya aku juga pernah dengar kalau di Sumut juga banyak tempat bagus yang belum banyak orang tahu, makanya ini aku lagi atur waktu buat kesana lagi. Kalau Caroline tahu tempatnya, boleh dong info ke aku πŸ™‚

      • tempat tinggalku dekat dgn gua sisingamangaraja, tapi adanya di gunung, belum banyak yang tau padahal pemandangannya bagus banget perjalanan ke situ juga pemandangannya bagus. banyak orang taunya cuma danau toba aja, jadi datengnya ke situ doank.. semoga Om bisa ke sini.. nama tempatnya nagasaribu…πŸ™‚

      • Sip, thanks infonya. Nanti kalau aku berkesempatan ke Sumut lagi, aku usahakan kesana juga.

  30. Sukaa…..!
    Fotonya sudah diedit kah ?

  31. Indah sekali ya. Jam berapa ya jadwalnya bidadari mandi?

  32. Dibagian foto paling bawah ada penampakan tuh,, warna hitam menghadap air terjun..
    Hihiiii…..

    • Betul, Mas. Sebetulnya waktu itu aku nungguin orang itu pergi, eh yang ditungguin gak merasa kalau ditungguin, malah asyik bengong di situ. Jadi deh dijepret dan dianggap sebagai penampakan πŸ˜€

  33. hahahaaa….. harusnya dikasih rokok sebatang terus suruh minggir sebentar mas.

    • Nah itu dia masalahnya, kalau cuma dikasih rokok sebatang gak mungkin dia pergi. Soalnya dia lagi narsis di situ dipotret sama teman-temannya πŸ˜›

  34. What a beautiful place!

  35. Wonderful, truly beautiful shots of a lovely location.

  36. I believe this looks a little like my image of heaven. Wonderful shots.

  37. ih … kerennn benerrr
    kalau tahu ada curug seperti ini … waktu kami liburan keluarga di kuningan harusnya mampir ke curug ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: