The twin volcanoes in East Java

IMG_AWC01

Gunung Arjuno (Mt. Arjuno) and Gunung Welirang (Mt. Welirang), which are located in Malang, East Java, Indonesia, are often called as twin volcanoes. Most probably, because the two mountains lies side by side on a mountain ridge. Together with other small mountains, such as Mt. Anjasmoro, Mt. Ringgit, and Mt. Linting, they form a mountain range.

The twin volcanoes are stratovolcano type mountains with the height of more than 3,000 meters above sea level. Stratovolcano means a high conical volcano which formed by layers of hardened lava.

The summit of Mt. Arjuno and Mt. Welirang, which seem unvegetated, are often being the target for they who like to do outdoor activities, especially hill walking and mountain climbing. There are many routes can be taken to reach the mountain tops. One can start the climb from Lawang, Tretes, or from Batu as well.

At that time, I just took the pictures of Mt. Arjuno and Mt. Welirang from afar. It was from Pananjakan to be precise. Pananjakan is located at the rim of Tengger Caldera, approximately 90 kilometers from those mountains. But . . . who knows that one day I can take pictures from the summit of Mt. Arjuno and Mt. Welirang?Β πŸ™‚

IMG_AWC02

IMG_AWC03

IMG_AWC05

 

Ringkasan :

Gunung Arjuno dan Gunung Welirang yang terletak di daerah Malang, Jawa Timur, dikenal sebagai gunung kembar, mungkin karena letaknya yang sebelah menyebelah di suatu punggungan gunung; yang bersama-sama dengan Gunung Anjasmoro, Gunung Ringgit, dan Gunung Linting membentuk sebuah gugusan gunung.

Kedua gunung yang termasuk type stratovolcano ini memiliki ketinggian lebih dari 3.000 meter di atas permukaan laut. Stratovolcano berarti gunung berapi yang bentuknya tinggi mengerucut dan terbentuk dari lapisan-lapisan lava hasil letusan yang telah mengeras.

Puncak Gunung Arjuno dan Gunung Welirang acap kali menjadi tujuan para pendaki gunung. Ada beberapa rute yang bisa diambil untuk mencapai puncak kedua gunung tersebut, antara lain dari arah Lawang, Tretes, atau bisa juga dari arah Batu. Konon di sekitaran kedua gunung tersebut masih banyak terdapat peninggalan purbakala yang masih belum terurus, disamping juga terdapat beberapa air terjun yang memiliki panorama cukup indah.

Ketika itu, aku mengambil foto-foto Gunung Arjuno – Welirang ini dari Pananjakan yang terletak di bibir Kaldera Tengger, dan berjarak sekitar 90 kilometer dari kedua gunung tersebut. Yah . . . kali ini cukuplahΒ  memandang dan memotret si gunung kembar dari kejauhan saja, tetapi siapa tahu suatu ketika aku bisa menjejakkan kaki di puncaknya?Β πŸ™‚

IMG_AWC04

Categories: Travel Pictures | Tags: , , , | 53 Comments

Post navigation

53 thoughts on “The twin volcanoes in East Java

  1. Wow … aku sama suami belum pernah ke sana mas … mupeng lihat foto cantiknyaπŸ˜›

  2. ^ – ^ Long time no see,Chris, are you doing well ?

    The first photo looks as beautiful as a painting ,a very dreamy painting – I love it so wellπŸ™‚

    Have a great mid-week, Chris !

  3. Saya belum pernah mendengar ketiga nama gunung diatas. Pemandangannya sungguh indahπŸ˜‰.

    • Memang gunung-gunung itu tidak terlalu tinggi, dan relatif tenang, jadi memang kurang dapat perhatian, Mbak πŸ™‚

  4. beautiful!

  5. Breathtaking, Chris!

  6. Ihir…. kereeen

  7. Asik nih mas. Kok nggak sekalian naek gunungnya:p

  8. wah bagus banget fotonya,saya yang pernah bromo malah gak terlalu merhatiin

  9. gunung ini yang terlihat dari kota juga gak om? kalau gak salah do daerah Brimob yah kelihatan ada gunung berjejer

  10. i love the blue of indonesia…

    naksir mas sama foto yg paling terakhirπŸ™‚

    salam
    /kayka

  11. Beautiful Chris! Thanks so much for sharing. Robyn

  12. Beautiful images Chris!πŸ™‚ Have a great evening Xoxo

  13. Keren om … jadi pingin kesanaπŸ™‚

  14. Pak Chris, saya pernah ke daerah pegunungan di Jawa Timur, di sana ada pemancar beberapa studio TV seperti TVRI, SCTV dll. Apakah itu termasuk daerah pegunungan ini ?
    Terus dari Jawa Timur saya lanjutkan perjalanan ke Jawa Tengah (Solo), melalui daerah Cemoro Sewu, sebelumnya saya juga pernah mampir di pemancar TVRI di daerah ini….πŸ™‚

    • Rasanya bukan di Gunung Arjuno – Welirang ini, Uda, melainkan di Tengger. Kalau dari posisi aku memotret ini dan kita menengok ke arah kanan, kelihatan tuh beberapa menara pemancar itu.

  15. Chris – I was afraid I wasn’t getting all of your blogs so I signed up for e-mail notification today. I definitely don’t want to miss out on your talented photography. Sheri

  16. Very beautiful… great captured mas Chris…πŸ™‚

  17. yang mana yang Arjuno, yang mana yang Welirang ini Pak Chris? Aduuh…indahnya ya.. andai saja kita punya banyak waktu untuk melihat semua keindahan alam ini..

    • Nah ini aku juga bingung, Mbak, karena yang aku tanya selalu jawabnya ya itu sebelah menyebelah πŸ˜›
      Untuk melihat semua keindahan itu gak cuma harus punya banyak waktu, tapi banyak sumber daya juga Mbak 😦

  18. JK Bevill - Lost Creek Publishing

    Reblogged this on lost creek publishing.

  19. Oh my goodness, these are so lovely and peaceful looking…. almost magical.πŸ˜€

  20. tutankhamon61

    Excellent post!
    Thanks for sharingπŸ™‚

  21. Wah, cantiknya. Gak melulu gunung bromo kalau ke malang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: