Environment-friendly traditional transportation

In the modern world, everything should be fast. That is including transportation. Since that, many modern vehicles have been made, and many other which considered traditional have been modernized, so they can move faster and safer. Such efforts, however, make the environment suffer, because many modern transportation modes resulting more pollution.

In many countries in Asia, however, many traditional transportation modes are still being used up till now, especially in the rural areas, and also in some tourist areas.

One of the so called traditional transportation modes is an environmental-friendly and pedal driven vehicle which is known as ‘becak’ in Indonesia. The ‘becak’ is a modernization form of the human pulled rickshaw which was originally found in the ancient Japan.

some becaks in malioboro - yogyakarta

some “becaks” in malioboro – yogyakarta

As for the name, I found two versions of its origin. A version said that the name was derived from the Hokkien term ‘be chia’ which means horse carriage. The other version said that many Chinese who came to Medan in the end of 18th century were so poor and did not have anything except the clothes they wore; so in order to get food they had to work hard which many of them chose to be the driver of a kind of vehicle that similar to nowadays ‘becak’. When people asked how come they did such a hard work, they said ‘bo chia’ which means cannot eat or haven’t eaten. The term ‘bo chia’, then became ‘becak’.

In Indonesia, ‘becak’ can be found in many rural areas across the country even-though they are become extinct nowadays. ‘Becak’ usually has three wheels; those are a pair of wheels at the front part which is also where the passengers sit, and one wheel at the back. The ‘becak’ in many parts of Indonesia are similar, and yet they also have their unique form which is differing from one area to the other. ‘Becak’ is suit comfortably for two passengers, but it is depends on the size of the passengers of course :mrgreen:

There are also motorized ‘becak’ which can be found in North Sumatera. They called ‘betor’ or ‘becak motor’. The ‘betor’ in Pematang Siantar, North Sumatera, even more unique, because they use old motorcycles to be attached to passenger carriages.

 

Ringkasan:

Kecepatan menjadi kata kunci di era modern seperti sekarang. Ini berlaku juga untuk urusan transportasi. Untuk urusan kendaraan, sayangnya kecepatan berarti juga semakin tingginya tingkat pokusi karena semakin banyak pula kendaraan bermotor yang dipergunakan.

Meskipun demikian, di beberapa Negara Asia, beberapa jenis kendaraan tradisional masih tetap dipertahankan. Salah satunya adalah sebuah kendaraan ramah lingkungan yang kita kenal dengan nama becak. Menurut sejarahnya, becak merupakan pengembangan bentuk dari kereta penumpang yang ditarik manusia dan dikenal dengan nama rickshaw yang pertama kalinya muncul di Jepang pada jaman Shogun.

becak in beijing, china

becak in beijing, china

Untuk nama, ada dua versi yang menjelaskan asal-usul nama becak. Yang pertama mengatakan bahwa istilah becak berasal dari istilah Hokkien ‘be chia’ yang berarti kereta kuda. Sementara versi lain mengatakan bahwa pada akhir abad ke 18, banyak orang China miskin yang datang ke Medan untuk mencari kehidupan yang lebih baik. Karena mereka tidak memiliki apa-apa kecuali pakaian yang melekat di badan, mereka bekerja mengandalkan otot untuk mendapatkan makanan. Kebanyakan dari mereka memilih untuk menjadi penarik kereta penumpang yang merupakan cikal bakal becak jaman sekarang. Ketika ada orang yang bertanay mengapa mereka mau bekerja seperti itu, hampir semuanya menjawab ‘bo chia’ yang artinya tidak bisa makan. Kata ‘bo chia’ ini lama kelamaan berubah menjadi becak.

Di Indonesia, becak dapat ditemukan di hampir semua kota. Bentuknya boleh dibilang sama, meskipun beberapa bagiannya sedikit berbeda di suatu kota dibandingkan dengan kota lainnya. Semuanya punya tiga roda dengan penumpang berada di depan si pengemudi, kecuali di Medan, dimana pengemudi mengayuh becaknya di samping tempat duduk penumpang. Di Medan dan sekitarnya, dikenal juga adanya becak bermesin yang dikenal dengan nama betor. Bahkan di Pematang Siantar betor-nya unik karena mempergunakan moge sebagai penggerak.

Pada umunya becak cukup nyaman jika ditumpangi dua orang penumpang. Tapi itu tergantung ukuran penumpangnya juga sih :mrgreen:

sleep well and sweet dream  :)

sleep well and sweet dream🙂

Categories: Pictures of Life | Tags: , , | 70 Comments

Post navigation

70 thoughts on “Environment-friendly traditional transportation

  1. Suka foto “sleep well… sweet dream” becak…🙂
    – lokasinya dimana mas ?? #lucu –

    • Terimakasih, Mas.
      Foto yang itu aku dapat di Tegal. Kebetulan lagi motret bangunan tua di dekat situ, eh kebetulan lihat si bapak lagi tidur nyenyak di becaknya 😀

  2. Jenny Trozell

    The last picture is so funny😉 Nice post!

  3. So bright and colorful and representative of keeping our environment healthy. My two favorites are in Bandung and Tegal. Thanks for sharing Chris! Blessings, Robyn

  4. Suka semua fotonya mas, bikin kangen pulkam
    foto yg terakhir itu terlihat nikmat sekali ya cara beristirahat bapak pengayuh becaknya😛

    • Termakasih, Mbak Ely.
      Iya Mbak, mungkin dia kecapekan dan gak sempat pulang ke rumah. Foto terakhir itu aku ambil pagi hari soalnya.

  5. pengen naik becak yang di medan deh om. kayaknya lucu😀

  6. Becaknya unik-unik🙂. Kayanya kalau sekarang cuma muat satu penumpang deh, maklum makin besar2 badan orang2 jaman skrng😀.

  7. Becak di medan nyumbang polusi juga mas hehe

  8. Kalau di Jakarta, becak dah gak ada mas…
    hilang ditelan aturan:)

  9. wih kompilasi foto becak dari segala daerah.. Dan saya baru sadar bentuk becak itu beda beda yah😀

    • Iya, meskipun belum bisa dapat kumplit dari semua daerah di Indonesia.
      Secara umum sih memang kelihatan sama, tapi kalau diperhatikan masing-masing daerah ada keunikannya sendiri-sendiri.

  10. Koleksi foto2 becaknya oke juga pak. lengkap banget tp yang becak jogja kok kaya’ e ndak ada. 🙂

  11. Nggak berani naek becak. Takut:D

  12. JK Bevill - Lost Creek Publishing

    Yes, that last photo is very interesting!

  13. becak Jogja paling gede.. tapi isinya dikit😛

  14. hahahaa paling asik foto terakhir dah😀

  15. Bermacam macam modelnya…

  16. Great post Chris! Thanks for the information and the photo’s. I especially got a good chuckle at the last photo.

  17. foto pamungkasnya unik banget Pak Kris🙂

  18. You’ve been tagged, my friend….:) Please visit this link :
    http://cristimoise.wordpress.com/2013/02/25/ive-been-tagged/

  19. Interesting article! 🙂 Marsha🙂

  20. Pengen naek mamang becaknya saya mah.

  21. petit4chocolatier

    Chris, sustainability at its best! Excellent post🙂

  22. ah ^ – ^ in my place,there is a kind of transportation which has so many things in common with the Becak of yours – we call them “xích lô” (you may ask mr.Google to know more about it😛 ) this transportation used to be very popular before, women catched them to go to the market, childens on xích lô to school….., now they are mainly for foreign tourists…uhm…bittersweet feeling ^ – ^

    • I heard about your xich lo, Yin. Yes they are very similar with becak. You know, once becak was also the vehicle used by women to go to the market and by children to go to their school like the xich lo in your country. Nowadays becak is still in use in many small towns in my country

      • it’s so happy to hear that Becak is still popular in your country,Chri13jkt ^ – ^ and happy to receive this reply of yours as well- to know that you are ok🙂 hope you will get well and feel better soon!

      • Thank you for your kind attention, Yin 🙂

  23. Environmental Vehicle on EARTH. Tukang Becak should consume GOOD Nutrient, but Would we pay for higher price? Really Funny the Pictures and Surprise me Collect from different places in Indonesia.

    SUCCESS Pak Christ

  24. Becak is not only ‘environmental friendly’ tapi juga sangat bagus untuk kesehatan jantung tukang becaknya.. he he.. Serius.!

    • Betul, Mbak. Buat tukang becaknya memang bagus buat kesehatan jantungnya, tapi buat penumpangnya kadang-kadang bikin jantungnya hampir copot karena kadang cara jalannya yang serampangan 😛

  25. Blog yang menarik🙂 Yuk, teruskan berbagi ide kreatif lewat blog-blog menarik. Kunjungi juga http://malumaluin.wordpress.com/ Salam malu-maluin!

  26. Would you like to visit my blog? I write there about you.
    http://wandamichalakdomkuncewiczow.wordpress.com/

  27. tetanggaku ada yg jd tukang becak di Malioboro loh om🙂

    • Oh ya? Wah pasti tetangganya itu hafal tempat-tempat yang sering dikunjungi turis dong ya? Bunda sendiri sering jalan-jalan di Malioboro kah?

  28. Gak lengkap.. masih kurang Becak in ‘Kompleks Rumah Nita’ :p
    DI Tidore aku pernah naik bentor ajeb2, sama seperti angkotnya, bentor juga berisik,,,
    waktu itu aku sempet video-in dan sempet heboh2, eh salah mencet tombol ya sudah ilanglah tu video😦

    • Itu dia, Nit, tadinya memang mau kesana motret becaknya. Yang jadi masalah Nita gak kasih alamatnya, jadinya muter-muter gak ketemu 😛
      Itu soal salah pencet, aku juga ngalamin tuh Nit waktu di Penang, obyeknya juga becak. Becak Penang kan unik. Gara-gara salah pencet, jadi deh hilang semua 😦

      • Nyesek ya Mas pas kejadian begitu..😦
        mau naik bentor lagi demi video kan gak lucu, ya udah diikhlasin deh,,

      • Iya lah nyesek banget. Apalagi buat aku kejadiannya pas setelah balik dari sana 😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: